Winners, Coba Kenali Tanda-Tanda Ukuran Tubuh Sehat

Winners, Coba Kenali Tanda-Tanda Ukuran Tubuh Sehat

WinNetNews.com - Banyak wanita mengidamkan berat badan yang langsing atau ramping. Tapi tidak sedikit yang percaya diri dengan tubuh yang lebih berisi atau semok. Bentuk dan ukuran apapun memang tidak masalah, yang penting sesuai dan sehat.

Lantas indikator apa yang bisa digunakan untuk menentukan apakah ukuran tubuh Anda sehat? Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk diukur.

Lingkar pinggang

Jika perut Anda terlalu dipenuhi lemak, Anda mungkin berada pada risiko yang lebih besar terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Coba letakkan pita pengukur tepat di atas tulang pinggul, di sekitar pusar. Lingkar pinggang yang sehat untuk wanita adalah kurang dari 89 cm.

Denyut jantung istirahat

Tempatkan dua jari di atas pembuluh nadi pergelangan tangan atau leher. Hitung jumlah denyut yang Anda rasakan dalam satu menit. Angka di antara 60 dan 100 adalah normal. Bila denyut jantung istirahat lebih rendah, secara umum itu menyiratkan kesehatan fisik yang lebih baik. Bila sebaliknya, Anda mungkin perlu lebih banyak berolahraga.

Persentase lemak tubuh

Tidak seperti indeks massa tubuh, angka pengukuran ini makan menunjukkan massa lemak, tidak termasuk massa otot. Berat lemak yang sehat untuk wanita adalah 20 sampai 32 persen. Ini bisa didapatkan dengan analisis impedansi bioelektrik.

Tingkat metabolisme basal

Faktor BMR dalam tinggi, berat badan, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan usia mendekati jumlah kalori yang Anda bakar saat istirahat. Anda juga dapat menggunakannya untuk memperkirakan berapa banyak kalori yang harus dipangkas setiap hari untuk mencapai rencana penurunan berat badan.

Dilansir: Health

Foto: google(dot)com