Winners Hobi Membaca, Ini Loh 10 Manfaatnya

Muchdi

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Winners Hobi Membaca, Ini Loh 10 Manfaatnya

WinNetNews.com - Winners hobi membaca? Salah satu kebiasaan orang sukses adalah hobi membaca loh. Sesorang yang hobi membaca tidak akan melewatkan hari-hari mereka dengan membaca buku. ternyata membaca itu punya banyak banget manfaat untuk kehidupanmu, lho. Apa saja sih manfaatnya?

1. Membantu kemampuan berpikir analitis

Ketika membaca, kamu pasti mencermati alur dan karakter ceritanya. Nah, inilah yang dapat membuat kemampuan berpikirmu bertambah. Hingga kamu dapat berpikir kritis, karena sudah sering menganalisis detail dan plot di buku yang telah dibaca.

2. Meningkatkan kapasitas memori otak

Setiap kali kamu membaca sesuatu, otakmu akan membuat satu ruang baru untuk menyimpannya. Sehingga kapasitas memori otakmu pun terus bertambah. Keren!

3. Menambah pengetahuan

Pengetahuan sudah pasti didapatkan kalau kamu hobi membaca. Karena ketika membaca, otakmu akan dipenuhi dengan beragam informasi baru. Dengan banyaknya pengetahuan, kamu akan lebih mudah menghadapi kesulitan atau rintangan di kehidupan.

4. Memperluas cakrawala

Seperti istilah buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kamu seakan sedang melihat beragam orang serta tempat yang belum pernah dikunjungi. Hingga kamu tahu kebudayaan di Korea maupun sistem politik di Amerika.

5. Mencegah alzheimer

Orang yang suka membaca menurunkan dua setengah kali kecenderungan untuk terkena alzheimer atau kepikunan. Hal ini disebabkan ketika membaca kamu akan mengingat plot, karakter, sejarah, juga latar belakang cerita, sehingga kemampuanmu untuk mengingat terus terasah.

 

6. Menurunkan tingkat stres

Ketika kamu stres sehabis kerja, kuliah, atau karena hal lain, membaca dapat memulihkannya. Dengan membaca buku atau artikel favorit, kamu bisa terhanyut dan tenggelam di dalamnya. Sehingga stresmu pun terlupakan. Membaca juga dipercaya dapat memberikan ketenangan batin dan menurunkan tekanan darah, lho.

7. Meningkatkan karir

Orang yang gemar membaca dan memiliki pengetahuan yang luas akan cenderung lebih mudah diterima kerja. Ketimbang mereka yang tidak suka membaca dan nggak tahu tentang informasi terbaru yang sedang terjadi. Mereka pun bakal lebih mudah bergaul dengan beragam orang.

8. Memperluas kosakata

Semakin banyak membaca, bertambah pula kosakata baru yang kamu pelajari. Dengan membaca, kamu juga bisa menambah pengetahuan bahasa asingmu. Sehingga bisa membantu kamu berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Asyik kan kalau kamu bisa mengobrol dengan kalimat yang cerdas?

9. Meningkatkan konsentrasi

Saat membaca, seluruh perhatian kamu akan terfokus pada bacaan tersebut. Hal itu akan meningkatkan daya konsentrasimu. Cobalah membaca sekitar 15-20 menit sebelum berangkat kerja atau kuliah, dijamin kamu akan lebih fokus saat beraktivitas.

10. Hiburan gratis

Membaca nggak perlu mahal, selain dengan meminjam buku di perpustakaan, kamu juga bisa mengunduh aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan membaca .

Sumber:IDNtimes

 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...