Winners… Ini Bedanya Saham dan Obligasi Loh

Winners… Ini Bedanya Saham dan Obligasi Loh

Kamis, 21 Jul 2016 | 14:30 | Muchdi

WinNetNews.com - Bagi orang awam pasti bertanya-tanya apa sih bedanya saham dan obligasi, apalagi orang tersebut tertarik untuk berinvestasi untuk jangka panjang. Kedua investasi jangka panjang ini adalah sama-sama usaha atau alat yang digunakan untuk menghasilkan kekayaan. Oleh karena itu sering orang menganggap bahwa saham dan obligasi sama. Tetapi pada faktanya saham dan obligasi itu berbeda. Maka dari itu pada artikel ini akan mengulas lebih lanjut mengenai perbedaan kedua hal tersebut. Mari kita cek perbedaan dari keduanya di bawah ini.

Apa Itu Saham?

Saham adalah tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perusahaan terbatas.

Wujud saham berupa selembar kertas yang menerangkan siapa pemiliknya. Akan tetapi, sekarang ini sistem tanpa warkat sudah dilakukan di bursa efek Jakarta dimana bentuk kepemilikan tidak lagi berupa lembaran saham yang diberi nama pemiliknya tapi sudah berupa account atas nama pemilik atau saham tanpa warkat.

Jadi penyelesaian transaksi akan semakin cepat dan mudah karena tidak melalui surat, formulir, dan prosedur yang berbelit-belit.

Saham adalah keikutsertaan investor dalam perusahaan sebagai pemodal. Saham memberikan return dalam bentuk dividen, yang biasanya dibayarkan sekali setahun, dan capital gain (kenaikan harga saham di pasar).

Dividen akan ada jika perusahaan memperoleh laba dalam tahun berjalan. Sedangkan capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh pemegang saham, ketika menjual sahamnya atau dengan kata lain selisih antara harga jual dengan harga beli..

Perusahaan yang rugi tidak akan membagikan dividen dan jika perusahaan itu tidak menjanjikan pertumbuhan, yang akan diperoleh investor adalah capital loss atau penurunan harga saham di pasar

 

Sedangkan Obligasi Adalah

Obligasi adalah hutang/hutang jangka panjang secara tertulis dalam kontrak surat obligasi yang dilakukan oleh pihak berhutang yang wajib membayar hutangnya disertai bunga (penerbit obligasi) dan pihak yang menerima pembayaran atau piutang yang dimilikinya beserta bunga (pemegang obligasi) yang pada umumnya tanpa menjaminkan suatu aktiva.

Obligasi atau kalau dalam bahasa Inggris disebut bond merupakan surat utang jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan/swasta.

Sekarang ini obligasi sudah menjadi sarana investasi masyarakat luas. Sebelumnya obligasi hanya menjadi sarana investasi bagi investor yang memiliki uang dalam jumlah besar. Tapi sekarang ini banyak reksadana yang menjadikan obligasi sebagai salah satu jenis investasi dalam komponen portofolio reksadana tsb.

Nah winners… Itulah perbedaan antara Saham dan Obligasi, pada dasarnya obligasi dan saham merupakan sama-sama investasi jangka panjang dan merupakan instrumen yang ada di pasar modal. Bagaimana winners, sudah cukup paham dengan perbedaan saham dan obligasi kan?

Berikutnya akan penulis bahas tentang dunia saham yang di perdagangkan di Bursa Efek Indonesia… simak terus ya winners..

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...