Winners Ini Loh Alasan Mengejutkan Kenapa Harus Berhenti Merokok

Muchdi
Muchdi

Winners Ini Loh  Alasan Mengejutkan Kenapa Harus Berhenti Merokok

WinNetNews.com - Para perokok mengetahui bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan mereka. Namun walaupun mengetahui bahayanya, mereka masih enggan untuk meninggalkan kebiasaan tidak baik tersebut.

Seperti dilansir dari huffingtonpost.com, di bawah ini adalah alasan yang belum diketahui perokok mengapa mereka harus berhenti merokok mulai dari sekarang.

- Anak Anda kemungkinan akan merokok juga

Jika Anda adalah seorang perokok, maka kemungkinan anak Anda menjadi perokok sangatlah besar. Sebuah penelitian seperti yang dipublikasikan di Pediatrics menemukan bahwa sekitar 23-29% anak yang menjadi perokok dipengaruhi oleh kebiasaan merokok orang tuanya.

Hal ini terjadi karena sedari kecil anak sudah melihat bahwa merokok adalah kebiasaan dan hal yang normal untuk dilakukan maka dari itu saat dewasa nanti mereka pun menirunya.

- Nikotin yang Anda konsumsi lebih banyak dari yang Anda pikirkan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health menemukan bahwa kadar nikotin dalam rokok naik sekitar 11% antara tahun 1997-2005. Selain itu rokok yang berjenis mild pun ternyata juga mengandung kadar nikotin yang lebih tinggi daripada rokok biasa.

- Anda 'membakar' banyak uang

Apabila rata-rata harga rokok yang Anda beli adalah Rp 10.000 dan dalam sehari Anda menghabiskan minimal 1 bungkus rokok maka kalikan saja berapa uang yang Anda 'bakar' dalam sebulan untuk mengonsumsi rokok.

- Merokok dapat melemahkan tubuh Anda

Rokok akan merampas sebagian besar oksigen yang ada di dalam sirkulasi darah yang menuju ke organ tubuh penting seperti hati, jantung, dan paru-paru. Otomatis hal ini akan melemahkan sistem kardiovaskular Anda sehingga berpengaruh terhadap kinerja oto tubuh.

 

- Anda berkontribusi dalam menciptakan kejahatan

WHO melaporkan bahwa sekitar 12-33% persen rokok dijual di pasar gelap. Hal ini dilakukan karena para penjualnya menghindari pajak rokok. Selain itu rokok kerap kali memicu perdagangan tembakau secara ilegal yang akhirnya berakibat pada korupsi yang dilakukan oleh oknum pemerintah yang melindungi praktik ilegal tersebut.

- Rokok menyerang sistem kekebalan tubuh Anda

Menurut sebuah laporan dari Surgeon General menyebutkan bahwa bahan kimia yang ada dalam asap tembakau akan menyebabkan peradangan dan menyebabkan kerusakan sel darah putih yang berfungsi sebagai imun tubuh.

- Merusak kesehatan lingkungan

Asap rokok yang menempel di baju, sofa, karpet, ataupun benda-benda lain yang ada di lingkungan sekitar kita akan meninggalkan residu racun yang tentu saja tidak baik apabila dihirup. Selain itu hal ini dapat menjadi zat karsinogenik yang berbahaya bagi anak-anak.

Merokok tidak hanya menimbulkan bahaya kesehatan bagi orang yang menghisapnya. Namun ternyata merokok juga dapat menimbulkan bahaya yang selama ini tidak pernah kita bayangkan. Oleh karena itu jangan ragu untuk mencoba menghentikan kecanduan dari merokok.

Sumber: Merdeka

Apa Reaksi Kamu?