Winners Ini Loh Cara Hemat Atur Keuangan Untuk Anak Kos

Winners Ini Loh Cara Hemat Atur Keuangan Untuk Anak Kos

Rabu, 10 Agt 2016 | 12:35 | Muchdi

WinNetNews.com - Bagi yang masih mahasiswa atau pekerja kantoran yang tinggal ngekos, maka biaya kos bulanan merupakan salah satu komponen terbesar yang mau tidak mau harus dikeluarkan setiap bulan.

Karena sulit dikurangi, pengeluaran harian yang lain perlu dihemat jika penghasilan bulanan agak mepet dengan total pengeluaran.

Supaya bisa tetap berhemat untuk pengeluaran sehari-hari, lakukan beberapa strategi berikut:

Tarik uang sekaligus untuk kebutuhan mingguan

Cobalah buat perkiraan berapa jumlah uang yang diperlukan setiap minggu. Setelah itu, lakukan tarik tunai sejumlah uang yang diperlukan tersebut sekali dalam seminggu saja, kemudian simpan kartu debitmu. Dengan begini secara tidak sadar akan berusaha untuk menghemat uang mingguan tersebut.

Pastikan perut kenyang sebelum nongkrong

Nongkrong memang seru, apalagi kalau dilakukan di kafe-kafe yang cozy. Sayangnya nongkrong di kafe termasuk pengeluaran yang agak boros kalau dilakukan keseringan.

Untuk menghindari terlalu banyak makanan yang dipesan, sebaiknya isi dulu perut supaya sudah puas hanya dengan memesan satu jenis minuman saja.

Sering minum air putih

Ini bukan untu kalasan kesehatan saja. Salah satu cara berhemat terbaik untuk kos adalah perbanyak minum air putih dibandingkan minuman lain seperti kopi.

Coba bayangkan kalau menghabiskan Rp30 ribu untuk kopi (plus rokok kalau merokok). Dalam sebulan, Anda bisa menghemat hingga Rp900 ribu. Lumayankan bisa ditabung lagi.

Rutin pergi ke kantin dan koperasi karyawan/mahasiswa

Koperasi dan kantin karyawan/mahasiswa mungkin tidak semewah supermarket ataupun restoran-restoran di mal, namun harga barang-barang yang mereka tawarkan cenderung jauh lebih bersahabat untuk kantong anak kos.

Jika ada program berlangganan di koperasi karyawan, Anda bisa memanfaatkan program tersebut untuk mendapatkan diskon.

Pakailah tas kecil kalau belanja

Bayangkan kalau membawa-bawa troli ketika belanja mingguan atau bulanan di supermarket atau minimarket. Jika kamu agak sulit menahan godaan, maka Anda akan mudah tergoda untuk ‘memenuhi troli belanja (kecuali kebutuhan belanja memang banyak).

Usahakan belanja dengan keranjang belanja saja, atau bawalah tas kecil yang juga berfungsi sebagai pengganti plastik belanja.

Sumber: VIVA

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...