Winners… Ini Loh Trik Mudah Menekan Nafsu Makan

Winners… Ini Loh Trik Mudah Menekan Nafsu Makan

Minggu, 7 Agt 2016 | 17:32 | Muchdi

WinNetNews.com - Dalam diet menurunkan berat badan, kadang digunakan obat untuk menekan nafsu makan. Kabar baiknya, ada cara alamiah untuk menekan nafsu makan. Antara lain sebagai berikut:

Makan protein dan serat

Dibanding dengan karbohidrat dan lemak, protein perlu waktu lebih lama untuk dicerna, dan karena itu membuat kenyang untuk waktu lebih lama. Protein menstimulir pelepasan hormon yang dengan cepat mengirim pesan 'Saya kenyang' ke otak.

Protein juga meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh lebih cepat membakar kalori. Protein hewan lebih meningkatkan metabolisme ketimbang protein dari sayuran. Produk susu seperti keju berada di dalam perut lebih lama sehingga mencegah lapar.

Serat membantu mengabsorp air dan lalu mengembang di dalam perut, menciptakan bulk untuk membuat Anda merasa lebih kenyang dan tak ada ruang lagi untuk menampung lebih banyak makanan.

Makan sendiri, paling sedikit beberapa kali

Rasanya mungkin membosankan. Tapi orang-orang akan makan lebih banyak jika ditemani atau makan di depan TV karena kurang memperhatikan makanan yang dimakan. Jika Anda fokus penuh pada makanan, Anda akan lebih cepat merasa kenyang.

Konsentrasi pada aroma juga karena juga bisa menyalakan sinyal kenyang. Anda mungkin pernah atau sering dengar atau mengalami sendiri, orang yang masak sudah kenyang duluan dan tak ingin makan masakannya.

Kunyah makanan secara baik

Sebagian hormon yang diperlukan untuk mengirim sinyal kenyang ke otak dilepaskan ketika mengunyah.

 

Pilih makanan yang sealamiah mungkin

Makanan olahan pabrik sering padat energi. Dengan kata lain, memberi Anda lebih banyak kalori per suap. Sebaliknya, buah-buahan dan sayuran mentah perlu lebih banyak waktu untuk mengunyah dan memenuhi banyak ruang di perut sehingga membuat lebih kenyang per suap.

Batasi jenis makanan

Variasi memang membuat hidup lebih bergairah, tapi merusak diet. Batasi variasi camilan di rumah dan berat badan akan turun lebih banyak. Riset menunjukkan, semakin banyak pilihan, semakin besar nafsu makan.

Makan di tempat terang

Jika makan malam di restoran, cari tempat yang terang . Makan di tempat yang terang membuat Anda berkemungkinan lebih besar mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Anda akan lebih memperhatikan diri Anda dan merasa orang lain dapat melihat apa yang Anda makan.

Karena itu, Anda berkemungkinan lebih besar mengendalikan nafsu makan. Di tempat yang gelap, Anda bisa makan secara bebas sehingga cenderung makan lebih banyak.

 

Gunakan permainan pikiran

Sajikan makanan di piring kecil, maka porsi makanan yang lebih kecil akan tampak lebih banyak. Kita cenderung mengisi piring besar sampai penuh dan kebanyakan dari kita makan sampai piring kosong.

Menggunakan piring besar membuat kita berkemungkinan lebih besar melanggar sinyal kenyang yang membuat kita berhenti makan.

Di rumah dan di tempat kerja, pastikan camilan jauh di mata (agar jauh di hati pula). Kenakan parfum atau cologne yang aromanya menyenangkan. Nyalakan lilin aromatik jika punya kesempatan. Aroma yang menyenangkan sering mengalihkan pikiran dari makanan.

Minum air putih

Jika Anda merasa lapar, sering kali karena Anda sebenarnya haus. Minum 1 atau 2 gelas air terlebih dulu. Jika Anda makan, makanan yang dimakan akan terasa lebih mengenyangkan.

Dapatkan kecukupan tidur

Kurang tidur menyebabkan ketidakseimbangan hormon tertentu. Tubuh memproduksi lebih banyak ghrelin, hormon yang membuat lapar.

Sebaliknya, tubuh memproduksi lebih sedikit leptin yang mengirim sinyal kenyang. Kurang tidur bisa membuat berat badan naik. Para ahli menyarankan orang dewasa harus tidur paling sedikit 7 jam setiap malam.

Sumber: TabloidBIntang

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...