(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Winners Ini Lohh 7 Vitamin yang Dibutuhkan saat Berumur 40 Tahun

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Winners Ini Lohh 7 Vitamin yang Dibutuhkan saat Berumur 40 Tahun

WinNetNews.com - Saat Anda memasuki usia 40 tahun, pikirkan vitamin dan nutrisi yang bakal jadi senjata Anda untuk berjuang melawan penyakit yang berkaitan dengan usia. Cara terbaik menjaga kesehatan adalah makan makanan yang sehat dan diet ketat, begitulah yang disampaikan oleh Kristin Kirkpatrick, MS, RD, manajer program kesehatan gizi di Institut Cleveland Clinic Wellness.

"Tubuh Anda mungkin tidak bekerja dengan cara yang sama pada 40 tahunan dibanding usia 20 tahun," Kirkpatrick dikutip dari prevention.com, Jumat (23/10/2015).

Massa otot mulai memburuk, dan Anda bakal dihantui risiko mudah gemuk, belum lagi menopause. Risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes juga mulai meningkat yang artinya seluruh pola makan harus diubah.

Berikut vitamin penting yang dibutuhkan seseorang yang berumur 40 tahun ke atas.

1. Vitamin B12

Anak-anak dan orang dewasa di bawah 40 tahun cenderung mendapatkan asupan B12 dari makanan seperti ayam, ikan, susu, dan telur. Vitamin ini penting untuk darah dan fungsi otak tapi bakal meningkatkan kadar asam lambung.

Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari suplemen atau multivitamin. Aturlah pemakaian hanya 2,4 mg per hari. Kalau terlalu banyak, Anda tak perlu khawatir karena semua yang berlebihan akan larut dan terbuang bersama air seni.

 

2. Kalsium

Kalsium didapat dari makanan seperti susu, tahu, ikan sarden, brokoli, almond, dan bayam. Meski tulang kita menyerap sebagian besar kalsium yang dibutuhkan (biasanya pada usia sebelum 30 tahun), nutrisi itu tak menjaga kesehatan tulang di kemudian hari.

3. Vitamin D

Vitamiin itu sangat penting, terutama setelah 40, karena melindungi kita dari perubahan yang berkaitan dengan usia. Kekurangan vitamin ini berkaitan dengan diabetes, penyakit jantung, multiple sclerosis, penyakit payudara, serta kanker kolorektal, semua yang datang ketika sudah menua.

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D tak terbatas, tapi bisa menambahnya dengan suplemen vitamin D3, yang manfaatnya mendekati manfaat sinar matahari.

4. Magnesiun

Fungsi utama dari magnesium adalah untuk membantu mengatur tekanan darah, yang penting bagi wanita 40 tahun lebih, yang sudah berisiko darah tinggi karena penuaan. Kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan radang.

Magnesium didapatkan dari sayuran hijau, kacang-kacangan, kedelai, biji-bijian, dan alpukat. Terlalu banyak magnesium tidak selalu menimbulkan risiko kesehatan, tetapi dapat menyebabkan diare, mual atau kram.

 

5. Kalium

Kalium memainkan peran kunci dalam menjaga tekanan darah, tidak peduli usia Anda. Pada wanita pasca-menopause, penelitian telah mengaitkan asupan tinggi kalium yang ada di makanan bisa menurunkan risiko stroke pada mereka, meskipun asupan 'tinggi' hanya sekitar 3,1 g, masih lebih rendah dari yang dianjurkan 4,7 g per hari.

Kebanyakan orang bisa mendapatkan kalium yang mereka butuhkan dengan makan pisang, ubi jalar, lobak, dan kacang-kacangan.

6. Omega 3

Secara teknis ini bukan vitamin, tapi asam lemak omega 3 punya segudang manfaat kesehatan. Omega 3 mencegah beberapa perubahan negatif yang datang besama penuaan, seperti peningkatan risiko penyakit jantung dan kognitif yang menurun.

Meski Anda bisa mendapatkan omega-3 dari makanan seperti ikan, kenari, biji rami, dan sayuran berdaun, mengambil suplemen adalah cara yang baik untuk memastikan Anda mendapatkan cukup,

7. Probiotik

Probiotik juga bukan vitamin, tapi kalau berbicara soal kebutuhan nutrisi untuk wanita di atas 40 tahun, probiotik benar-benar penting. Probiotik berperan dalam menjaga usus sehat dan berat badan turun, bahkan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke

Sumber dari Liputan6, Jakarta

Foto: HuffingtonPost

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});