Winners Ini Lohh… langkah Depnaker untuk mengurangi jumlah pengangguran

Winners Ini Lohh… langkah Depnaker untuk mengurangi jumlah pengangguran

Minggu, 1 Mei 2016 | 11:51 | Muchdi

WinNetNews.com - Pernah nggak sih kamu heran dengan banyaknya orang yang menganggur di sekitarmu? Padahal di koran setiap hari selalu ada saja iklan lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Kesenjangan ini memang sudah ada dari dulu. Oleh karena itulah, pemerintah berusaha melakukan berbagai hal untuk mengatasi masalah ini.

Dalam sebuah pasar, seringkali butuh distributor, yaitu orang yang menghubungkan antara produsen dan konsumen. Distributor membuat konsumen jadi lebih mudah mendapatkan barang yang dia inginkan, dan membantu produsen untuk menjualkan barang. Nah, dalam dunia kerja juga begitu.

Ada badan yang membantu perusahaan-perusahaan mendapatkan tenaga kerja, dan membantu tenaga kerja untuk mendapat pekerjaan.

 

Badan seperti itu disebut pasar tenaga kerja, dan yang mengaturnya salah satunya adalah Departemen Tenaga Kerja (Depnaker). Beberapa kegiatan Departemen Tenaga Kerja yang berkaitan dengan tenaga kerja di Indonesia antara lain adalah:

AKAD (Antar Kerja Antar Daerah) yang mengurusi pengiriman tenaga kerja dari daerah satu ke daerah lain yang membutuhkan.

AKAR (Antar Kerja Antar Regional) yang mengurusi pengiriman tenaga kerja di kawasan regional seperti ASEAN, Singapura, Malaysia, Brunai, dan lain-lain.

AKAN (Antar Kerja Antar Negara) yang mengurusi pengiriman tenaga kerja ke luar negeri seperti ke Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan sebagainya.

Nah, ketiga kerjasama itu sangat penting untuk memudahkan para tenaga kerja mendapat pekerjaan yang sesuai. Secara langsung, ini juga akan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Sayangnya meskipun demikian, nggak semua orang mau menggunakan jasa AKAD, AKAR maupun AKAN.

Jadi, semua tetap kembali ke pilihan masing-masing, deh. Menurutmu, apakah langkah pemerintah membuat 3 kerjasama itu pas untuk menurunkan angka jumlah pengangguran?

Sumber&Foto dari Merdeka, Jakarta

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...