(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Winners… Ini Lohh Tiga Cara Aman Atur Pengeluaran Usai Gajian

Muchdi
Muchdi

Winners… Ini Lohh Tiga Cara Aman Atur Pengeluaran Usai Gajian

WinNetNews.com - Pemasukan setiap orang yang berbeda-beda jumlahnya, membuat gaya hidup yang diterapkan pun juga berbeda. Umumnya, semakin besar jumlah pendapatan yang dimilikinya, akan membuat gaya hidupnya makin tinggi, dan pengeluarannya pun cukup besar.

Sehingga, tidak heran bila banyak yang berutang untuk memenuhi gaya hidup yang diterapkannya tersebut. Bahkan, fenomena yang ada saat ini memegang uang hanya ketika gajian di awal bulan. Menjelang pertengahan hingga akhir bulan keuangan mulai kritis, bahkan cenderung sudah tidak ada pegangan uang.

Sebagian besar, cara berfikir karyawan ialah berutang bila mengalami kondisi keuangan kritis di pertengahan maupun di akhir bulan. Namun, perlu diketahui, berutang hanya dapat memberikan solusi sementara, di mana pembayarannya akan mengambil porsi keuangan yang didapatkan di bulan depan.

Jadi, dapat dipastikan berutang akan menjadi kebiasaan yang buruk bila terus dijalankan. Langkah yang bijak adalah mengubah gaya hidup yang sudah berjalan menjadi lebih sederhana. Adapun langkah-langkah lain yang dapat diterapkan untuk mengatur pengeluaran setelah gajian adalah sebagai berikut:

 

1. Buatlah anggaran belanja

Sebagian besar orang yang mengalami kesulitan keuangan ketika pertengahan dan akhir bulan, sebab mereka tidak menganggarkan keuangan yang telah didapat, dan digunakan tanpa memikirkan uang untuk hari esok.

Karena itu, buatlah anggaran dan posting-posting keuangan untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam satu bulan. Sehingga, tidak ada lagi istilah tanggal tua tidak memiliki anggaran untuk kebutuhan.

Langkah awalnya adalah membuat skala prioritas untuk kebutuhan pokok Anda sehari-hari. Misalnya saja, anggaran untuk makan, transportasi, utang, menabung, jalan-jalan dan masih banyak lagi.

Dengan membagi beberapa posting keuangan tersebut Anda pun diajak untuk berdisiplin dalam mengelola keuangan yang didapatkan saat gajian di awal bulan. Dengan mengatur keuangan secermat mungkin, Anda tidak akan mengalami krisis keuangan yang umumnya dialami sebagian orang di akhir bulan.

 

2. Menahan keinginan sementara

Umumnya ketika gajian, sebagian orang akan berusaha mengeluarkan uangnya untuk mewujudkan keinginan yang dimiliki. Misalnya, makan di restoran favorit, jalan-jalan ke tempat wisata populer, hingga ke tempat hiburan seperti karaoke, atau pun diskotik.

Pada dasarnya, keinginan tersebut wajar bila diwujudkan. Namun, jika melakukan kegiatan konsumtif tersebut berturut-turut, tentunya akan menguras keuangan Anda sejak awal bulan.

Karena itu, disarankan menahan keinginan tersebut hingga anggaran yang sudah Anda atur telah sesuai, dan dapat diterapkan, ketika sudah tercukupi anggaran yang digunakan untuk kebutuhan pokok. Dengan begitu, keinginan akan tetap terwujud, namun di waktu-waktu tertentu yang sudah Anda atur.

 

3. Berpikir rasional

Langkah ini akan menghindarkan Anda dari krisis keuangan yang dialami sebagian orang di akhir bulan. Sebagai contoh, bila kemampuan keuangan Anda tidak mencukupi untuk membeli makan di restoran terkenal, kendaraan bermotor, maka jangan dipaksakan, karena akan merusak pengaturan keuangan yang sudah Anda buat.

Dengan cara berfikir rasional, akan membuat Anda lebih bijak menggunakan keuangan yang dimiliki, sehingga di tanggal berapa pun setiap bulan akan tetap terpenuhi kebutuhan Anda. Yang diutamakan adalah konsisten menjalankannya dan tidak mudah terpengaruh lingkungan yang buruk gaya hidupnya.

Memanjakan diri dari setiap gajian yang didapatkan memang wajar, namun bila dilakukan secara berlebihan akan menjadi tidak wajar. Ditambah lagi, hal tersebut dilakukan dengan cara berutang dengan menggunakan kartu kredit, maka akan membuat keuangan Anda pun tidak sehat di masa mendatang.

Pentingnya sikap disiplin

Dengan disiplin dalam mengatur keuangan yang Anda miliki, maka tidak hanya saat ini saja Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan memanjakan diri. Namun, di masa mendatang pun hal tersebut dapat dilakukan, serta menghindarkan Anda dari utang yang umumnya dilakukan oleh orang yang krisis keuangan di akhir bulan.

Sumber&Foto VIVA, Jakarta

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});