(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Winners… Ini Lohh Tips Hemat Menata Interior di Rumah Baru

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Winners… Ini Lohh Tips Hemat Menata Interior di Rumah Baru

WinNetNews.com - Pindah ke rumah pertama tentu memberikan perasaan yang berbeda. Beberapa orang merasa lebih bebas akhirnya bisa terlepas dari rumah orangtua atau rumah sewanya.

Untuk itu, buatlah kesan agar rumah pertama Anda bisa mewakili kebutuhan dan selera yang diinginkan. Berikut ini beberapa langkah untuk mulai mendekorasi rumah baru Anda. Diadaptasi dari HGTV.com, Rumah.com menyusun beberapa tips untuk menata interior di rumah, ditulus Jumat (06/05/2016).

1. Bereskan barang-barang di rumah lama

Sebelum berencana untuk pindah ke rumah baru, tentunya Anda harus mulai merapikan tempat tinggal yang sebelumnya. Temukan barang-barang yang tersembunyi di sudut rumah dan segera kemas dalam satu kotak kardus.

Ini adalah langkah awal untuk mempermudah proses packing. Jika ternyata setelah proses ini, barang-barang Anda terlihat sangat banyak, Anda bisa membuka garage sale untuk dijual di depan rumah atau forum marketplace.

2. Mulai dari tempat tidur

Kamar tidur menjadi tempat menghabiskan hampir sepertiga waktu Anda ketika ada di rumah. Oleh karenanya, jika Anda memiliki bujet yang terbatas, pertimbangkan untuk membeli kasur yang baru.

Pokoknya, sangat penting menginvestasikan uang Anda untuk mendekorasi kamar tidur. Nah, kalau Anda memiliki kocek lebih di kantong, tidak ada salahnya memberikan sentuhan berbeda pada warna cat dinding.

 

Untuk Anda morning person yang aktif beraktivitas di pagi hari, pilih warna-warna ceria yang cerah.

Sementara untuk Anda yang hobi begadang di malam hari, warna yang gelap cocok untuk dipilih. Jangan lupa untuk memilih warna sesuai kepribadian agar tidak membosankan dalam jangka waktu yang lama.

3. Jangan beli semuanya secara bersamaan

Setidaknya, tinggali rumah baru Anda dalam jangka waktu dua bulan sebelum mulai merenovasi rumah dengan bujet yang mahal. Karena ada perbedaan penting antara bayangan Anda tinggal dirumah baru dengan perasaan Anda setelah benar-benar meninggali rumah tersebut.

Bisa saja bujet sebesar Rp 5 juta yang telah direncanakan untuk renovasi dapur tidak sepenting jika Anda merenovasi ruang makan.

4. Tahan godaan untuk membeli satu set furnitur

Toko ritel seringkali menyajikan tampilan furnitur ataupun barang yang dijual dalam satu set. Mereka begitu ingin menggoda Anda agar membeli semuanya dalam satu set, tapi tahan godaan tersebut!

Beberapa barang yang ditata dalam satu gaya sudah cukup menarik untuk dilihat, namun jangan sampai rumah Anda nampak seperti menjadi showroom furnitur. Pastikan Anda memiliki ciri khas gaya tersendiri dan jangan takut untuk lakukan mix and match sesuai selera.

 

5. Padankan dalam satu warna senada

Jika Anda baru saja pindah ke rumah pertama yang berisi furnitur tua milik pemilik rumah sebelumnya, tak perlu khawatir. Ada cara paling mudah dan murah untuk mengubah masalah ini dengan memadankannya dalam satu warna yang senada.

Misalnya, jika hanya ada satu sofa dengan warna yang terlihat berbeda dengan lainnya maka tambahkan keset atau aksesoris lain dengan warna serupa sehingga terlihat saling melengkapi satu sama lain.

6. Pecahkan masalah tanpa biaya

Jika lemari dapur Anda terlihat membosankan, maka ubah saja warna lemari cat agar telihat lebih segar. Namun, jangan beli cat kayu dengan harga yang mahal. Usahakan semua daur ulang dekorasi yang Anda lakukan tidak memakan banyak biaya.

Contoh lain sangat mudah jika ingin mengubah penampilan kamar mandi. Caranya cukup dengan mengubah warna lampu dengan model yang sedikit lebih unik, atau menambahkan saklar lampu untuk membuat suasana lebih redup sesuai keinginan.

Sumber dari situs Liputan6, Jakarat

Foto: Volusiabuilders.com

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});