(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Winners… Ini Lohh Tips Sukses Buka Kantin, Modal Cuma Rp4 Juta Lohh

Muchdi
Muchdi

Winners… Ini Lohh Tips Sukses Buka Kantin, Modal Cuma Rp4 Juta Lohh

WinNetNews.com - Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan halangan untuk mencari uang tambahan. Mencari uang tambahan bisa dilakukan dengan berbagai cara, tetapi harus memiliki tekad serta niat yang tinggi.

Salah satu cara mendapat uang tambahan untuk keluarga ialah dengan mengembangkan bakat, misalnya bakat di bidang memasak.

Jika Anda memiliki bakat memasak atau setidaknya suka memasak, Anda bisa menyalurkan dengan berbagai usaha masakan. Selain Anda mendapat uang tambahan, bakat Anda juga bisa terus berkembang.

Untuk mengembangkan bakat memasak tidak perlu langsung besar, Anda bisa membuka usaha kecil-kecilan yang menjual berbagai jajan ringan atau makanan.

Kantin sekolah bisa menjadi tempat awal untuk menjual jajan tersebut. Kantin sekolah menjadi peluang besar untuk mengembangkan bakat memasak dan meningkatkan keuntungan untuk menambah uang belanja.

Langkah awal dalam membuka usaha yang harus ada ialah modal, tetapi minimnya modal kadang menjadi hambatan. Namun, untuk membuka warung kecil seperti kantin, Anda tidak perlu mengeluarkan modal banyak, cukup dengan Rp4 juta Anda bisa memulai usaha.

 

Modal yang minim bukan halangan untuk membuka usaha, karena dengan modal kecil Anda juga bisa membuka usaha kecil terlebih dahulu.

Sebelum membuka usaha Anda bisa melakukan survei ke beberapa sekolah. Jika Anda masih bingung memulai survei dari mana, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di sini.

Berikut beberapa data yang bisa Anda ikuti untuk membuka usaha di kantin sekolah.

1. Jumlah siswa

Anda harus mengetahui jumlah siswa yang ada di sekolah. Siswa merupakan salah satu hal yang penting dalam usaha di kantin sekolah, makin banyak siswa yang ada di sekolah semakin besar peluang untuk berbisnis.

2. Level sekolah

Dalam membuka usaha di sekolah Anda harus melihat level sekolah yang akan Anda tempati untuk usaha, produk atau makanan apa yang cocok untuk dijual.

Jika Anda membuka usaha di salah satu kantin yang ada di SD, Anda harus menjual makanan yang sesuai dengan kantong siswa SD.

Dalam membuka usaha di kantin sekolah, usahakan untuk mencari sekolah yang memiliki level menengah ke atas. Bisa seperti SMA dan SMP yang telah memiliki nama, biasanya daya beli anak SMA dan SMP sangat berbeda dengan anak SD.

 

3. Kompetitor

Sebelum membuka usaha, Anda juga harus survei berbagai jenis makan yang akan dijual. Tak hanya itu, harga makanan juga harus Anda cek untuk dijadikan sebuah perbandingan.

Selain itu, Anda juga harus melihat makanan apa saja yang banyak diminati oleh siswa. Sebisa mungkin Anda harus mampu menciptakan menu baru sehingga bisa menarik daya beli siswa.

4. Harga sewa

Dalam membuka usaha di kantin sekolah tidaklah gratis, pasti memiliki harga sewa per satu tempat yang ingin ditempati.

Anda harus menanyakan secara detail berapa harga sewa satu bulan atau satu tahunnya. Jika terlalu mahal, sebisa mungkin Anda tawar dengan harga yang memungkinkan sesuai dengan pendapatan Anda per bulannya.

 

5. Keamanan

Keamanan merupakan hal yang paling penting, terutama dalam usaha. Anda harus menanyakan tentang keamanan di sekolah yang ingin menjadi tempat usaha Anda.

Apa sekolah tersebut memiliki keamanan yang memadai atau tidak. Pastikan apakah kantin yang disediakan itu kantin yang terbuka atau kantin yang memiliki dinding seperti warung-warung kecil.

Setelah semua sudah dilakukan dan menemukan lokasi yang cocok untuk membuka usaha. Langkah selanjutnya, Anda bisa memulai usaha.

Biasanya sekolah juga menetapkan syarat untuk masyarakat yang ingin membuka usaha di tempat tersebut, seperti iuran keamanan atau kebersihan. Coba penuhi syarat tersebut semaksimal mungkin.

Selain keamanan tempat usaha, Anda juga harus memberi kenyamanan dan kesehatan masakan atau jajanan yang Anda jual. Jual makanan yang memiliki gizi dan memiliki standar keamanan serta kebersihan yang maksimal.

Tetap kreatif dalam mengembangkan usaha

Dengan modal hanya Rp4 juta tersebut, Anda tidak perlu bingung mengawali usaha di kantin sekolah seperti apa. Untuk permulaan usaha Anda bisa menjual makanan-makanan ringan, sesuai dengan modal yang Anda miliki. Meski makanan ringan dengan jumlah sedikit, jika Anda bisa mengkreasikan menjadi usaha yang unik maka keuntungan juga bisa menjanjikan.

Modal Rp4 juta memang termasuk sedikit, bagaimana Anda bisa mengelola uang Rp4 juta itu agar berkembang lah yang menjadi kehebatan Anda dalam berwirausaha.

Sumber&Foto dari VIVA, Jakarta

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});