Winners, Inilah 5 Rekomendasi Makan Enak di Solo

Winners, Inilah 5 Rekomendasi Makan Enak di Solo

Selasa, 26 Apr 2016 | 17:45 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Umumnya, cerita dari mulut ke mulut menjadikan sebuah kuliner di daerah tersebut menjadi kesohor entah karena kelezatan atau uniknya. Seperti ketika Anda mengunjungi Kota Solo, Jawa Tengah, sejumlah kuliner lezat berikut ini patut Anda cicipi.

1. Serabi Notosuman

Kelezatan kue serabi Notosuman tak hanya ramai diperbincangkan di Solo dan sekitarnya saja. Kue serabi ini sudah terkenal bahkan sampai di luar Solo, termasuk di Ibu Kota.

Belum lama ini, Chef Degan Septoadji mengunggah foto gerai dan cara pembuatan serabi Notosuman di akun instagramnya, deganseptoadji. Ia dan keluarga besarnya sempat menikmati serabi Notosuman ketika acara jalan-jalan keluarga ke Solo-Yogyakarta.

image0

Alamat Serabi Notosuman:

Jl. Mr Muhamad Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

 

2. Sate buntel Bu Bejo

image1

Sate buntel, adalah sejenis sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar. Bumbu sate buntel terutama adalah merica dan kecap manis. Seiring berjalannya waktu, sate buntel menjadi makanan khas Surakarta.

Seperti hanya sate kere, sate buntel ini pun lahir dari inovasi masyarakat miskin yang ingin menikmati sate. Rita, salah satu putri warung sate Bu Bejo yang merupakan warung sate langganan Presiden Joko Widodo ini mengatakan sate buntel ini lahir dari kebiasaan para kawula alit yang ingin memanfaatkan kesederhanaan menjadi kemewahan.

Sate Buntel tersaji tanpa bilah bambu penusuk, dua buntelan daging siap dilahap hanya dengan mengiris ringan menggunakan sendok. Tersaji sederhana dengan acar mentimun dan irisan bawang merah dilengkapi sambal, sate buntel sudah cukup memompa liur. Satu lagi jurus sate buntel menaklukan lidah, yaitu siraman kecap encer bermanis sedang.

Untuk satu porsi sate buntel berisi tiga biji. Harga seporsi sate buntel adalah Rp37 ribu, begitu juga dengan tongseng, sedangkan tengkleng dibanderol Rp25 ribu.

Alamat Sate Buntel Bu Bejo

Lojiwetan, Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah.

 

3. Sate Kere Yu Rebi

image2

Salah satu penjual sate kere yang paling terkenal di Kota Solo adalah Yu Rebi. Warung Yu Rebi sendiri sudah berdiri sejak 1986 dan berlokasi di Jalan Kebangkitan Nasional.

Dito salah satu karyawan di warung Yu Rebi ini menuturkan kenapa sate ini dinamakan sate "Kere". Lahirnya sate kere, ungkap Dito dikarenakan saat itu sate daging dianggap makanan mewah. Apalagi, orang kere atau miskin, tak kuat untuk membeli daging karena hargannya yang cukup mahal.

"Dulunya sate daging dianggap makanan mewah yang hanya disantap kalangan menengah ke atas. Akhirnya masyarakat miskin atau 'kere' membuat versi sate lain dengan menggunakan tempe atau jeroan. Sate lembut ini dapat dinikmati bersama lontong atau nasi," papar Dito.

Soal harga, ungkap Dito, jelas sangat terjangkau. Untuk 10 tusuk sate kere saja harganya Rp10 ribu. Sate kere Yu Rebi juga membuka cabang di Gladak Langen Bogan (Galabo).

 

4. Markobar, Martabak Kotta Barat

image3

Bukan hanya Ibu Kota saja yang memiliki martabak ala pizza. Di Kota Solo, Jawa Tengah, kuliner kekinian itu pun sedang digandrungi warga Solo khususnya anak muda. Salah satunya Markobar yang merupakan usaha kuliner milik putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Sukses dengan varian delapan rasanya, Markobar belum lama ini meluncurkan varian 16 rasa dalam satu martabak.

"Menu baru itu mulai rilis sekitar dua minggu lalu. Dan baru ada di cabang dekat Solo Grand Mall (SGM). Cabang lain belum ada," ungkap Manager Markobar Nungki.

Markobar saat ini memiliki 14 jenis topping meses Ceres, keju, Delfi, Cadbury, Kitkat, Silverqueen, Toblerone, Nutella, Oreo, Van Houten, Ritter Sport, Kitkat Greentea, dan Ovomaltine. Harga perloyangnya dibanderol mulai Rp25.000-Rp120. 000.

 

5. Nasi Liwet Bu Sarmi

image4

Setiap malam, gerai ini sangat ramai dikunjungi pelanggan yang ingin bersantap. Letaknya berada daerah Lojiwetan, Jalan Kapten Mulyadi dan dekat sekali dengan gerai susu segar Shi Jack. Gerai ini menyajikan makanan tradisional khas Solo, yakni nasi liwet. Nasi liwet merupakan paduan dari nasi panas, daging ayam, telur, dan sayur labu siam. Nasi Liwet Solo daging ayam, telur, dan sayur labu siam. Nasi Liwet Solo Bu Sarmi disajikan dalam piring plastik kecil dengan daun pisang. Jangan lupa untuk makan dengan kerupuk kulit yang notabene adalah kerupuk kulit sapi khas Indonesia.

Dilansir: okezone

Foto: google(dot)com

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...