(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Winners.. Jangan Malas Ganti Oli Motor Matic Anda Yaaaa!!!!!!

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Winners.. Jangan Malas Ganti Oli Motor Matic Anda Yaaaa!!!!!!
WinNetNews.com - Winners..Anda pengguna motor matic? Harus rajin ya mengganti oli motor Anda, agar kinerjanya berjalan sempurna. Perawatan rutin dan serius memastikan kinerja mesin jadi lancar dan optimal.

Pasti seneng dong kalau performa mesin motor matic kita sangat oke, pastinya bisa bikin aktivitas Anda berjalan lancar. Nah walaupun ganti oli terdengar mudah, tapi seringkali kita lalai melaksanakannya, padahal akibatnya cukup berbahaya nih Winners buat kesehatan mesin.

Kalau mau tahu, nih kerugian yang bisa Winners alami jika males ganti oli motor:

Ongkos perawatan makin mahal

Ahh.. Besok aja deh ganti oli motornya.

Menunda-nunda ganti oli sama artinya Anda harus mengeluarkan ongkos lebih banyak. Pasalnya gesekan komponen di dalam tanpa pelumas yang baik berpotensi mengundang kerusakan lebih parah di bagian seker, bantalan poros engkol, dinding silinder, dll. Kalau sudah begitu ongkos yang harus kamu keluarkan untuk biaya perbaikan akan membengkak, ingat, penyesalan selalu datang belakangan.

Kurang nyaman saat dibawa jarak jauh

Waduhh.. Nih motor tarikannya ngga enak.

Saat oli telat diganti jelas sekali terasa getaran kasar pada mesin berbeda sekali dengan sensasi seusai genti pelumas. Getaran keras terus-menerus tentu menimbulkan rasa tidak nyaman sekaligus kekhawatiran kerusakan mesin lebih parah ketika dikendarai, apalagi jika dipakai untuk menempuh jarak yang jauh.

 

Mesin kepanasan atau overheating

Waduh kenapa nih mesin motor saya berasap?

Salah satu fungsi pelumas tentu sebagai pendingin, nah ketika kondisi oli sudah dalam keadaan burukdan volumenya berkurang banyak karena terlambat diganti, maka oli tak mampu mendinginkan mesin dengan baik.

Pendinginan mesin yang melambat membuat kondisi mesin terlampau panas. Jika dibiarkan seperti terus, maka lama kelamaan komponen mesin bisa rusak, seperti kepala silinder akan melengkung, ujung-ujungnya harus keluar duit lagi untuk menggantinya.

Alokasi ongkos beli BBM membengkak

Kok motor saya jadi boros ya bensinnya?

Pertimbangan seseorang sebelum membeli motor biasanya pertimbangan soal irit BBM atau tidak. Bisa dibilang percuma kalau kamu sering terlambat ganti oli karena salah satu risikonya adalah konsumsi bahan bakar kendaraan jadi boros.

Alasannya gampang, ketika mesin dipakai dengan pelumas lama terus-menerus maka gesekan antar komponen mesin makin keras dan kasar, akibatnya, tarikan mesin jadi lebih kuat dan kondisi ini membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar, makanya jadi lebih boros BBM.

Sumber: Liputan6

Foto: www.bikesindia.org

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});