Winners… Kenali Sejarah Musik Jazz Yuk

Winners… Kenali Sejarah Musik Jazz Yuk

Sabtu, 21 Mei 2016 | 13:46 | Muchdi

WinNetNews.com – Winners… suka mendengarkan musik? Musik terdiri dari banyak genre loh, dan genre-genre itu kadang masih dibagi lagi menjadi banyak golongan. Perkembangan musik di dunia sudah dimulai sejak lama. Nah, winners kali ini, yuk kita belajar lebih banyak tentang genre musik jazz.

Jazz adalah salah satu aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada sekitar abad ke-19 hingga 20. Meksipun begitu, akar musik Jazz sendiri sebenarnya berasal dari musik Afrika dan Eropa.

Beberapa aliran musik yang menginspirasi terbentuknya musik jazz adalah musik blues, folk, march, ragtime, dan juga musik klasik. Jazz ini sempat booming banget, dan sampai sekarang masih jadi favorit banyak orang. Bahkan kalau kamu tahu istilah 'Cool!' yang biasanya digunakan untuk menyebut seseorang yang keren, adalah istilah yang berasal dari para musisi jazz.

Banyak hal yang menarik dalam musik jazz, tapi hal yang paling menonjol dari jazz adalah improvisasi. Improvisasi atau kemampuan memainkan nada agar berbeda dari lagu aslinya tanpa merusak lagu itu, adalah sesuatu yang dinilai mahal banget dalam musik jazz. Improvisasi dalam musik jazz dipandang sebagai bentuk ekspresi dari kebebasan.

Salah satu musisi jazz yang sangat terkenal dan banyak diidolakan adalah Louis Armstrong (19011971). Pengaruh pria kelahiran New Orleans, Louisiana 4 Agustus 1901 ini sangat besar dalam sejarah musik. Sepanjang sejarah musik jazz ada banyak genre jazz yang terbentuk, seperti misalnya Novelty ragtime pada sekitar 1920-an dan Shibuya-kei pada tahun 1950an. Namun yang kini populer adalah Nu Jazz (sejak 1990an). Nu Jazz menggabungkan elemen musik jazz dengan gaya musik lainnya seperti funk, soul, EDM, dan masih banyak lagi.

Sumber: Merdeka

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...