Winners.. Nih Dia Tips Rawat Softlense Agar Mata Tidak Perih

Winners.. Nih Dia Tips Rawat Softlense Agar Mata Tidak Perih

Kamis, 17 Mar 2016 | 16:40 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Lensa kontak kini sudah bukan menjadi benda asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian orang menggunakannya untuk alasan kesehatan (penglihatan mata) atau hanya mendukung penampilan. Namun apapun tujuannya, merawat lensa kontak adalah sebuah keharusan jika tak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada mata.

Salah satu hal yang sangat dilarang jika kamu menggunakan lensa kontak adalah pergi tidur dengan lensa kontak yang masih menempel di mata. Kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko keratitis hingga lima kali lipat. Keratitis sendiri merupakan infeksi yang dapat menyebabkan nyeri dan peradangan pada kornea.

Menurut sebuah hasil laporan, tercatat ada satu juta orang dilarikan ke UGD atau ruang dokter setiap tahunnya akibat peradangan keratitis tersebut. Nah jika kamu tak ingin bernasib sama, rawat lensa kontak dengan tepat dengan tip berikut.

1. Bersihkan dengan benar

Membersihkan lensa kontak dengan tepat dan benar adalah wajib. Kebanyakan orang biasanya memilih untuk langsung merendamnya. Padahal mengusap dan mencucinya dengan larutan pembersih lensa adalah cara terbaik untuk mencegahinfeksi.

2. Taruh di tempat yang tepat

Jangan sekali-kali meletakkan lensa kontak di bawah air atau memegangnya dengan tangan yang basah. Hal ini dikarenakan H2O (air) mengandung organisme kecil yang dapat menyebabkan keratitis.

3. Bersihkan tempatnya

Jangan hanya lensa kontak yang dibersihkan, membersihkan tempat lensa kontak juga sama pentingnya. Caran membersihkan tempat lensa kontak adalah dengan larutan pembersih lensa yang dilakukan setiap hari. Selain itu, sebisa mungkin ganti tempat lensa setidaknya tiga bulan sekali.

4. Jangan gunakan pembersih lensa berkali-kali

Menggunakan larutan pembersih lensa berali-kali sangat tidak dianjurkan. Larutan yang sudah terpakai untuk membersihkan sekali, bisa saja sudah terkontaminasi kuman yang berasal dari lensa kontak, dan mmebuat desinfektan bekerja kurang efektif.

Dilansir dari laman women's health 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...