Winners, Sebelum Beli Speaker Nirkabel Catat 5 Hal Ini

Winners, Sebelum Beli Speaker Nirkabel Catat 5 Hal Ini

WinNetNews.com - Aksesori pendukung smartphone acap kali dilupakan. Padahal, produk-produk ini juga bermanfaat pada kehidupan Anda. Satu contoh yang dapat menjadi perangkat pendamping smartphone adalah speaker.

Teknologi audio semakin berevolusi. Lewat teknologi wireles--seperti bluetooth dan Wi-Fi--kini Anda dapat mendengar lagu pada speaker. Anda dapat menikmati musik, video, atau film di waktu senggang.

Nah, untuk membantu Anda memilih produk yang tepat, tim Tekno Liputan6.com akan memandu Anda untuk mencatat hal-hal penting seputar produk speaker nirkabel.

1. Pilih Konektivitas

Soal ini, mari kita persempit antara Wi-Fi dan Bluetooth. Kedua teknologi ini, sebagaimana diungkap Digital Trends, terbilang cukup akrab di telinga konsumen Mana pilihan Anda?

a. Wi-Fi

Speaker yang memiliki fitur Wi-Fi terbilang unggul ketimbang Bluetooth. Koneksi jaringan akan membantu speaker untuk menghasilkan suara yang jernih. Repotnya, Anda harus mencari koneksi jaringan. Belum lagi, Anda harus mengocek kantong cukup dalam untuk speaker macam ini.

b. Bluetooth

Teknologi ini cukup diagungkan karena Anda tak perlu repot mecari koneksi jaringan untuk menyambungkan speaker Anda dengan smartphone. Bluetooth dikenal sebagai teknologi yang fungsional dan efisien. Hanya saja, terkadang kualitas audio Bluetooth tak seapik kualitas yang dihasilkan Wi-Fi.

2. Portabilitas

Sejatinya, portabilitas menjadi salah satu faktor yang menjadi referensi utama saat Anda memilih speaker nirkabel. Ringkas dan mudah ditempatkan menjadi salah satu kunci untuk memilih speaker nirkabel. Desain produk sangat penting dalam menentukan referensi Anda. Untuk itu, pilihlah speaker yang sesuai personality Anda dan mudah diisi daya.

3. Kualitas Audio

Apabila portabilitas bukan lah faktor utama bagi Anda, bagaimana soal kualitas suara? Seperti dikutip dari PCMag, kebanyakan speaker memang tak banyak menawarkan fitur, namun memiliki kualitas audio yang baik.

Apabila kejernihan suara lebih penting daripada kekuatan audio, hal itu seharusnya menjadi goal ketika Anda membeli speaker. Namun mungkin hal itu menjadi faktor penting jika Anda ingin menggunakannya di ruangan tidur.

Perlu Anda catat, semakin besar speaker, semakin besar pula suara yang dihasilkan. Speaker semacam ini cocok apabila ingin Anda tempatkan di ruangan lebih besar untuk acara informal tertentu.

4. Daya Tahan

Sebagian besar pasti akan memilih perangkat yang lebih ringkas (portable) sehingga mudah dibawa ke mana pun. Namun, jangan juga melupakan

Ilustrasi wireless speaker. (Doc: Best Radio Speaker)

Speaker tahan banting tentunya 'ramah' dibawa kemana pun. Anda tak perlu khawatir apabila speaker terkena percikan air atau terbentur. Pilih lah speaker yang, paling tidak, tahan air dan tahan benturan sehingga dapat dibawa ke tempat semacam pantai, gunung, atau tempat wisata lain.

5. Harga

Soal harga, faktor ini memang cukup paling menentukan. Karena bagaimana pun produk harus menyesuaikan budget di kantong Anda. Produk berkualitas terbaik pastinya tak selalu ramah di dompet.

Produk mahal memang katanya selalu berkualitas paling baik. Nyatanya, produk mahal juga memiliki kekurangan pada fitur tertentu. Pastinya, Anda harus memastikan produk yang Anda beli, sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Harga speaker nirkabel dibanderol mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 4 jutaan.

Sumber: liputan6.com

Foto:selurar