Winners …Yakin Sudah Bersih? Benda-benda Ini Ternyata Penuh Kuman dan Bakteri

Winners …Yakin Sudah Bersih? Benda-benda Ini Ternyata Penuh Kuman dan Bakteri

WinNetNews.com - Segala sesuatu yang berada di ruang publik memang rentan dihinggapi bakteri dan kuman karena dipegang oleh puluhan bahkan ratusan orang. Namun banyak yang tidak menyadari seberapa banyak kuman-kuman tersebut dan seberapa besar bahayanya.

Beberapa waktu lalu, sebuah tes kebersihan dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang sanitasi di Australia bernama EarthEcco. CEO EarthEcco, Jake Tyson menjelaskan, tingkat higienitas atau kebersihan permukaan benda ditentukan oleh sebuah enzim bernama 'adenosine triphosphate'.

Idealnya, kandungan adenosina triphosphate di permukaan benda yang bersih adalah di bawah 30 RLU (relative light units). "Kalau sudah di atas 30, itu pasti tidak bersih, dan Anda tidak mau angkanya mencapai 135-300 karena ini artinya sangat banyak bakteri," paparnya.

Lalu benda apa saja yang dikatakan mengandung banyak bakteri?

1. Tiang bus atau KRL

Untuk tiang bus, hasil tesnya mencapai angka 1.704, sedangkan tiang di dalam kereta mencapai 704. Angka ini dianggap wajar karena kedua tiang ini berfungsi membantu menjaga keseimbangan penumpang saat harus berdiri dan berdesak-desakan di dalam kendaraan.

Tyson menambahkan, di bus atau KRL, bakteri yang berkeliaran juga tidak sembarangan, misalkan sekelas staph atau MRSA yang bisa membuat jatuh sakit.

 

2. Kaleng minuman

Hasil tes kebersihan untuk kaleng minuman mencapai 1.146. Penulis buku kebersihan berseri Spotless, Shannon Lush mengaku kaget ketika mengetahui fakta ini.

"Ini bahkan lebih kotor dari dudukan toilet, jadi bukankah saya lebih baik minum dari toilet daripada kaleng minuman dong?" tanyanya.

3. Dudukan toilet umum

Hasil tesnya menunjukkan angka 984. Hal ini dirasa wajar mengingat toilet merupakan tempat orang buang kotoran.

Selain dudukan toilet, kenop pintu toilet umum juga rentan dihinggapi ratusan bakteri dan kuman. Bahkan jika memungkinkan, setelah cuci tangan, seseorang diharuskan membawa handuk kertas atau menggunakan kain untuk membuka kenop pintu.

4. Tombol ATM

Hasil tesnya menunjukkan angka berkisar 430-680. Tak heran, sebab selain sulit dibersihkan, tombol mesin ATM terbuat dari karet, yang memudahkan setiap kuman dan bakteri berpindah dari/dan ke tubuh penggunanya.

 

5. Tombol lift

Hampir sama dengan tombol ATM, tombol lift juga kerap dipegang. Namun selama angka lantai yang dituju dapat dilihat, maka banyak orang beranggapan bahwa tombol-tombol itu bersih.

Selain permukaan benda-benda di atas, Lush juga mengingatkan untuk berhati-hati terhadap bank, troli belanjaan, dan kursi bioskop. Ketiganya diam-diam menyimpan jutaan bakteri dan kuman karena sering dipegang dan dikunjungi banyak orang.

"Saya biasanya mengelap seluruh permukaan benda yang akan dipegang dengan alkohol," aku Lush seperti dilaporkan new.scom.au.

Jika tidak, untuk mengantisipasi perpindahan bakteri ini, gunakan pinggang atau bahu Anda untuk membuka pintu agar tangan atau kulit tidak kontak langsung dengan permukaan benda, atau selalu bawa hand sanitiser ke manapun pergi untuk 'jaga-jaga'.

Sumber dari detikHealth, Jakarta

Foto: Thinkstock