Winners Yuk…Kenali Gejala Penyakit Umum Pada Motor Skutik

Winners Yuk…Kenali Gejala Penyakit Umum Pada Motor Skutik

Sabtu, 6 Agt 2016 | 13:05 | Muchdi

WinNetNews.com - Skutik saat ini jadi pilihan utama konsumen karena menawarkan kepraktisan. Motor tanpa gigi ini bahkan menggeser popularitas motor bebek yang dahulu jadi primadona.

Populasinya yang jadi motor sejuta umat masih belum diimbangi dengan pemahaman penyakit khas skutik. Pada umumnya kerusakan sering terjadi seputar CVT.

"Orang nggak tahu pulley kalau sudah legok dan oblak nggak bisa dipakai, mangkok juga kalau udah peyang nggak bisa dipakai. Bengkel-bengkel gantiroller sama belt umumnya, sebenarnya banyak part lain," ujar Ikim Muhammad, pemilik bengkel RI Matic, seperti di kutip dari situs Liputan6, Jakarta ditulis Sabtu 6 Agustus 2016.

Bila kedua komponen tersebut rusak, menurut Ikim bisa dicirikan dengan vibrasi yang cukup keras dari bagian kiri. Saat dikendarai, bagian belakang motor terasa goyang layaknya ban kempes.

Selain bagian tadi, masih ada penyakit skutik lainnya yang disebabkan karena kurang perawatan. Komponen tersebut antara lain bearing bambu dan bearing aspulley yang oblak.

"Ada yang namanya bearing bambu dan bearing as pulley. Cirinya kalau ban diputar bunyinya srookk..," tuturnya.

Dua komponen ini bisa diganti secara satuan bila sudah oblak. Namun, kebanyakan kasus kerusakan tersebut malah diganti satu set pulley.

"Kebanyakan bengkel-bengkel itu maunya satu set. Selama pulley nggak rusak tak perlu diganti. Kami ganti bearing bambu sama bearing as pulley," tuturnya.

Foto: Liputan6

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...