(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Winners…Coba Cara Ini untuk Stop Makan Berlebihan

Muchdi
Muchdi

Winners…Coba Cara Ini untuk Stop Makan Berlebihan

WinNetNews.com - Kebiasaan ngemil ternyata sering terjadi di tempat kerja atau ketika kita sedang berpikir keras. Terlalu banyak berpikir cukup menguras energi sehingga meningkatkan napsu makan. Bagaimana cara mengatasinya?

Sebuah penelitian menunjukkan, cara paling mudah untuk meredam napsu makan berlebihan itu adalah dengan berolahraga. Mungkin sulit masuk di akal karena olahraga pun menguras tenaga sehingga bisa meningkatkan napsu makan.

Namun, menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise ini menemukan, olahraga justru bisa membuat seseorang merasa kurang lapar. Hal ini diduga karena oahraga membuat perbaikan regulasi hormon yang berhubungan dengan rasa lapar.

Peneliti menemukan, mereka yang berolahraga setelah melakukan pekerjaan akan makan lebih sedikit kalori dibanding mereka yang tidak olahraga.

Penelitian melibatkan 38 mahasiswa yang akan menjalani ujian. Peneliti mengamati mahasiswa yang menjalani ujian, kemudian istirahat selama 15 menit, dan mereka yang menghabiskan 15 menit untuk treadmill. Setelah itu, peneliti melihat seberapa banyak mereka makan.

 

Hasilnya, mereka yang menjalani ujian tanpa melakukan olahraga makan 100 kalori lebih banyak dibanding mereka yang ujian, tetapi tetap berolahraga. Peneliti menyimpulkan, membuat otak berpikir keras lebih menguras energi dan membuat lebih lapar dibanding melakukan aktivitas fisik yang penuh keringat.

Menurut peneliti, William H. Neumeirer dari Universitas Alabama di Birmingham, olahraga bisa menjadi sumber energi yang diperlukan tubuh sehingga tak perlu mengisinya dengan banyak makan.

Namun, perlu penelitian lebih lanjut mengapa olahraga dapat memerangi rasa lapar. William sendiri menduga, hal ini berkaitan dengan hormon ghrelin, yang dapat meningkatkan rasa lapar.

Penelitian juga diperlukan untuk mengetahui berapa lama olahraga yang diperlukan untuk mengurangi napsu makan berlebihan.

Sumber&Foto dari Kompas, Jakarta

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});