Wiranto: Indonesia Siapkan Pasukan untuk Bantu Filipina

Wiranto: Indonesia Siapkan Pasukan untuk Bantu Filipina

Sabtu, 13 Agt 2016 | 09:29 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan unit-unit bantuan untuk Filipina apabila dibutuhkan dalam operasi pembebasan sandera yang dilakukan kelompok Abu Sayyaf. HAl ini diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Jumat (12/8) di Jakarta Pusat.

"Kita sudah menyiapkan unit-init bantuan yang akan mendukung operasi itu (pembebasan sandera) kalau memang Filipina setuju," ujar Wiranto.

Menurut Wiranto, pasukan yang dipersiapkan untuk membantu operasi melawan kelompok Abu Sayyaf sudah dilatih dan disiagakkan, sehingga apabila sewaktu-waktu Filipina membutuhkan tambahan personel, Indonesia sudah siap.

"Kita sudah menyiapkan sudah melatih sudah mensiagakan ini setiap saat kita diminta membantu dalam operasi gabungan bersama sama dalam menumpas itu kita siap. Artinya Indonesia konsisten bahwa terorisme itu harus diberantas," tambah mantan Panglima ABRI itu.

Sementara menunggu langkah Filipina, Indonesia juga sedang menjalankan operasi intelijen agar dapat mengintai dan mengawasi gerakan Abu Sayyaf serta mengetahui perkembangan 10 WNI yang menjadi sandera.

"Dalam hal ini memang operasi intelijen kita jalankan agar apa, agar kita terus mengetahui kondisi sebenarnya dari tersandera itu, agar kita tahu perkembangan mereka sebenarnya seperti apa," pungkas Wiranto. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...