Wiranto: Kami Sudah Tahu Dalang Aksi Kericuhan

Daniel
Daniel

Wiranto: Kami Sudah Tahu Dalang Aksi Kericuhan Foto: ANTARA/Nova Wahyudi

Winnetnews.com - Pasca pengumuman hasil perhitungan suara Pilpres 2019 oleh KPU, kondisi Ibu Kota Jakarta tidak kondusif dalam dua hari terakhir. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah sudah tahu siapa dalang dari aksi kerusuhan yang terjadi.

Kemarin massa berkumpul di depan kantor Bawaslu di Thamrin sebagai bentuk protes kecurangan Pilpres 2019. Situasi memanas ketika melewati pukul 21.00 WIB, massa yang disarankan untuk membubarkan diri menolak untuk meninggalkan lokasi.

Kondisi semakin parah pada Rabu (22/5) dini hari di mana asrama Brimob diserang dan berimbas pada pembakaran sejumlah mobil di depan asrama. Siang ini area Tanah Abang juga dikerumuni oleh massa sehingga dilakukan pengamanan ekstra oleh pihak kepolisian dan TNI.

“Kami sebenarnya sudah mengetahui dalang aksi tersebut dan aparat keamanan akan bertindak tegas. Mereka menyerang petugas, merusak asrama Polri di Petamburan, membakar sejumlah kendaraan, dan aksi brutal lain,” jelas Wiranto kepada awak media di Media Center Kemenko Polhukam, Rabu (22/5).

Soal pengamanan unjuk rasa, Wiranto tidak mau aparat keamanan menggunakan senjata api dan senjata lainnya. “Saya katakan tidak. Jangan sampai diputarbalikkan. Pada saat menghadapi demonstrasi, aparat keamanan diinstruksikan Kapolri, Panglima TNI, untuk tidak besenjata api. Senjata disimpan di gudang, dan aparat menggunakan perisai dan pentungan. Tidak mungkin aparat membunuh rakyat di aksi demo,” tegasnya.

Apa Reaksi Kamu?