Skip to main content

WNA buka Rekening di Indonesia bakal di permudah OJK

WNA buka Rekening di Indonesia bakal di permudah OJK
WNA buka Rekening di Indonesia bakal di permudah OJK

Wingamers.com Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan Penyelenggara sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. OJK adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan.

Dalam pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, dan menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank, serta untuk melindungi konsumen industri jasa keuangan.

Untuk meningkatkan nilai tukar rupiah Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) Ingin Meningkatkan Supply dolar di dalam negeri . Beberapa jurus pun disiapkan regulator untuk dirilis dalam waktu dekat.

Ketua Dewan Komosioner OJK Muliaman D Hadad bilang, salah satu langkah yang bakal mereka ambil adalah menyiapkan aturan untuk memudahkan warga negara asing membuka rekening tabungan di Indonesia.

Untuk itu regulator akan menyebarkan surat edaran (SE) OJK kepada perbankan dalam minggu ini. "Setelah SE keluar langsung berlaku," katanya, Senin (7/9).

Menurut Muliaman, saat ini warga negara asing terutama turis mancanegara kesulitan membuka rekening di dalam negeri karena harus menyertakan berbagai dokumen pelengkap.

Nah, dalam beberapa hari ini aturan tersebut bakal disederhanakan melalui beleid anyar itu. Terutama untuk rekening valas di bawah US$ 50.000. "Pembukaan rekeningnya dalam rangka costumer due diligentcukup menyertakan paspor," ungkapnya.

Sementara untuk rekening di atas US$ 50.000 dibutuhkan satu dokumen tambahan selain paspor. Bisa berupa referensi dari bank terkait di negara asal WNA, surat keterangan domisili setempat, atau fotokopi kontrak tempat tinggal.

Dengan upaya ini, Muliaman berharap bisa menarik lebih banyak dolar ke dalam negeri. Dengan stok dolar yang meningkat diharapkan nilai tukar rupiah pun bisa menguat.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top