Wow…! 10 Batu Paling Unik Dan Menakjubkan di Dunia

Muchdi
Muchdi

Wow…! 10 Batu Paling Unik Dan Menakjubkan di Dunia ilustrasi

WinNetNews.com -  Ada banyak bentuk dan formasi batuan di dunia yang menakjubkan serta unik. Semua bentuk-bentuk batu-batuan ini adalah hasil seni alam maupun manusia yang patut untuk dilestarikan sehingga kita dapat terus menikmati keindahannya.

1. Ayers Rock / Uluru

Ayers Rock atau Uluru adalah sebuah batu besar yang terdapat di Australia, dengan tinggi 348 meter, lebar 3 km dan panjang 3,6 km dan 348 meter diatas permukaan laut. Uluru sangat terkenal karena fenomenanya yang dapat berubah warna tergantung kondisi cuaca, musim dan pada saat matahari terbit dan tenggelam. Uluru dapat kadang berwarna merah, kekuningan, jingga.

2. Moving Rocks

Fenomena batu ini sangat menakjubkan dan hingga saat ini masih merupakan misteri. Batu ini seakan dapat berpindah tempat dan sepeti tertiup angin dan meninggalkan jejak. Entah bagaimana bisa batu ini meninggalkan jejak di tanah secara alami tanpa bantuan manusia dan hewan. Trek yang terbentuk bermacam-macam, lurus, melengkung, berbelok 90 derajat, menyilang dan lain-lain. Moving Rock dapat anda nikmati di Death Valley, California.

3. The Giant Causeway

Sungguh menakjubkan! Giant Causeway adalah area seluas 0,7 km2 yang terletak di Britania Raya dan masuk dalam salah satu situs warisan dunia. Daerah ini merupakan kolom basal yang luas yang terbentuk oleh alam. Sebagian besar batuan ini berbentuk segi enam, namun ada juga segi empat, segi lima, segi tujuh dan segi delapan.

4.  The Wedges Rock – Kjeragbolten

Entah bagaimana awal formasi batu ini tercipta hingga terbentuk posisi yang unik dan menakjubkan. Batu besar ini di apit oleh dua tebing yang besar yang mengapit batu ditengahnya yang menghubungkan tebing satu dengan tebing yang lain dan sehingga dapat juga berfungsi sebagai jembatan. Anda dapat mengunjungi batu ini di Norwegia.

5. The Wave

The Wave terkenal dengan keindahaannya yang menakjubkan. Material The Wave adalah batu pasir yang memiliki warna-warni yang indah dan lansekap yang unik, bergelombang, naik turun. Jika dilihat dari kejauhan bentuknya mirip kue lapis coklat yang lezat. The Wave terletak di Amerika Serikat, dekat Arizona dan Utah.

 

6. Gravity Glue

Boluder Creek dengan nama Gravity Glue diciptakan oleh Mike Grab dengan cara menumpuk bebatuan hingga membentuk suatu formasi yang menakjubkan tanpa bantuan lem atau perekat. Dinamai Gravity Glue karena Mike hanya mengandalkan gaya gravitasi dan mencari sisi keseimbangan yang sempurna agar batu dapat tersusun tanpa terjatuh. Mike membuat karyanya di sungai Colorado dan hebatnya sungai itu berarus deras. Dan hasil kesabarannya membuahkan karya yang menakjubkan.

7. Stones Forest, Madagascar.

Hutan batu? Ya, hutan batu di Taman Nasional Bemaraha, Madagacsar adalah kawasan warisan dunia dengan luas 752 km dan ajaibnya sebagian besar tertutup oleh batuan besar yang tajam dan curam sehingga mirip sebuah hutan. Meskipun terlihat gersang karena hanya sedikit tumbuhan atau pohon yang tumbuh disana, namun banyak species hewan yang menghuni hutan ini, seperti monyet, lemur, tokek dan lainnya. Anda harus mendaki dengan tali dan berjalan berjingkat-jingkat jika ingin menyusuri hutan ini.

8. The Idol Rocks

Adalah setumpukan batu besar dengan ketinggian 30 meter yang mempunyai keseimbangan yang terbentuk dari alam dengan sebuah batu yang lebih kecil sebagai tumpuan. Idol Rocks ini terletak di Brimham Moor di North Yorkshire, Inggris. Ada banyak formasi batuan di Brimham ini yang terbentuk oleh kikisan air, glasiasi dan angin hingga terbentuk bentuk yang menakjubkan.

 

9. Spiral Jetty

Meskipun tidak tercipta oleh alam, bentuk batuan ini tetap menakjubkan. Spiral Jetty merupakan proyek seni yang diciptakan oleh Robert Smithson sebuah gerakan seni yang muncul di Amerika Serikat tahun 1960-an dan awal1970-an. “Seni batu” ini tercipta dari bahan alami seperti tanah, batu, media organik dan dibantu dengan air. Anda dapat mengunjungi Spiral Jetty di Great Salt Lake di Utah.

10. Red Rock Canyon State Park

Adalah tebing batu yang terukir dengan indah oleh alam. Tempat menakjubkan ini terletak di State Route 14, California Selatan yang merupakan taman nasional dengan lansekap yang lengkap untuk mendaki, berkemah, berkuda dan berwisata alam. Bentuk tebing ini berlapis-lapis memiliki warna merah, pink, coklat dengan susunan yang rapi, banyak lipatan bergalur hasil karya ukiran hujan dan angin selama berabad-abad.

 

 

Sumber: einweirsinfo(dot)blogspot(dot)co(dot)id

Apa Reaksi Kamu?