Wow… 5 Makanan Ini Ternyata Bisa Cegah Penuaan Dini Loh

Muchdi
Muchdi

Wow… 5 Makanan Ini Ternyata Bisa Cegah Penuaan Dini Loh ilustrasi penuaan dini ( Photo Istimewa )

Winnetnews.com - Pengaruh radikal bebas dapat memicu penuaan dini. Asap kendaraan, makanan berlemak jenuh, stres berlebihan akan memicu penuaan dini. Bisa jadi sebelum menginjak usia 50 tahun kulit keriput dan alami pengeroposan tulang.

Pastinya kamu tak mau hal ini terjadi kan?. Ada banyak kegiatan yang dapat mengurangi risiko penuaan dini. Salah satunya rutin berolahraga dan makan makanan sehat.

Banyak bahan-bahan makanan yang dapat mencegah penuaan dini. Bahan-bahan ini dapat diemukan dengan mudah dan murah.

Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Reader’s Diggest, dikutip Sabtu (16/02/2019),  Berikut 5 bahan makanan yang dapat cegah penuaan dini, apa aja sih,yuk disimak ya.

1. Wortel

Sayuran ini mengandung beta karoten yang sangat bermanfaat bagi tubuh. "Beta karoten adalah prekursor vitamin A, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit yang juga memperlambat penuaan kulit," kata Cynthia Bailey, MD, dokter kulit di Sebastopol, CA.

Sebagai antioksidan, wortel membantu menangkal penuaan untuk seluruh tubuh. Bonus tambahannya karena beta karoten dapat menghangatkan kulit dan kandungan dalam beta-karoten telah terbukti secara ilmiah lebih baik daripada berjemur.

Karotenoid, seperti beta karoten, paling baik diserap ketika dipadukan dengan makanan sehat dengan lemak baik. Jadi kamu dapat nikmati wortel dengan telur dalam salad, haluskan menjadi sup krim dengan yogurt, atau celupkan ke dalam guacamole.

2. Alpukat

Alpukat kaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal. Ini amatlah baik bagi tubuh. "Alpukat mengandung lemak anti-inflamasi yang membantu melembabkan kulit kita, menunda kerutan, dan melindungi kita dari racun berbahaya dari matahari," kata Melissa Mitri, MS, RD, ahli diet di Milford, CT.

Rasa lezat dari olahan aplukat dapat berupa smoothie, dengan telur, salad, atau dibuat menjadi guacamole. Atau kamu juga dapat mengonsumsi seperempat alpukat, untuk menuai manfaatnya.

3. Anggur

Antioksi dan dan polifenol lain yang ditemukan dalam anggur yang sehat untuk jantung juga dapat berperan dalam penuaan yang sehat. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa polifenol anggur dapat berkontribusi pada kesehatan otak, kesehatan usus besar, kesehatan mata, dan banyak lagi.

Dan mereka tampaknya membantu menjaga kesehatan sel, yang tentu saja sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Polifenol ditemukan di setiap bagian dari anggur (kulit, daging, dan biji-bijian)  dan dalam anggur dari semua warna, termasuk merah, hijau, dan hitam.

4. Telur

Makanan yang menyediakan protein seperti telur membantu mendukung otot dan metabolisme. Ini sangat penting seiring bertambahnya usia, karena kebanyakan orang kehilangan 0,8 persen dari tubuh tanpa lemak mereka.

Jika kamu ingin mencegah kerusakan otot, makan makanan kaya protein sangat penting. Juga untuk mendukung pelatihan ketahanan yang disarankan dengan benar, Anda membutuhkan protein untuk mengembangkan dan menjaga otot tanpa lemak.

Nikmati telur dalam telur dadar, telur dan alpukat yang dihaluskan, atau dalam nasi goreng. Dapatkan cara lezat untuk memiliki telur untuk setiap hidangan.

5. Ikan berlemak

Salmon, mackerel, tuna, dan sarden adalah ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi, yang dikenal dapat mengurangi peradangan pada tubuh dan kulit.

Dua hingga tiga porsi seminggu ikan juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Menambahkan ikan ini ke dalam makanan membantu menyeimbangkan rasio omega-3 sampai omega-6, yang terakhir ini sebenarnya dapat memicu peradangan.

Suplemen minyak ikan dapat menggantikan makan ikan berlemak yang menyehatkan ini, tetapi mereka tidak memberikan manfaat protein rendah kalori dari memakan ikan itu sendiri. Panggang atau bakar salmon untuk makan malam, atau siapkan salad tuna.

Apa Reaksi Kamu?