Wow… 6 Makanan Ini Bantu Turunkan Berat Badan Loh
ilustrasi buah berry ( Photo Istimewa )

Wow… 6 Makanan Ini Bantu Turunkan Berat Badan Loh

Sabtu, 1 Jun 2019 | 19:28 | Muchdi
Winnetnews.com -  Sebagian orang kesulitan untuk menurunkan berat badan. Beragam diet populer dicoba untuk mencapai hal tersebut. Nyatanya, melakukan diet tidak semudah itu.

Selain diet, sebenarnya ada beberapa makanan yang dapat membantu penurunan berat badan. Beberapa makanan dapat membantu Anda untuk menjaga pola makan Anda.

Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Reader's Digest, Sabtu (1/6/2019), berikut makanan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, yuk disimak ya.

1. Yogurt

Mulailah usaha penurunan berat badan Anda dengan tetap mengkonsumsi sarapan. Sebuah studi dalam New England Journal of Medicine menemukan bahwa konsumsi yogurt setiap hari dapat menurunkan berat badan dalam 4 tahun periode penelitian.

Hal ini mungkin disebabkan bakteria baik dalam yogurt yang membantu pencernaan dan mencegah kenaikan berat badan. Untuk hasil terbaik, pilihlah yogurt tanpa pemanis. Anda bisa menambahkan potongan buah ke dalamnya.

2. Buah berry

Saat Anda menginginkan sesuatu yang manis, Anda dapat mengonsumsi segenggam buah strawberry atau blueberry. Buah tersebut kaya akan kandungan antioksidan yang disebut anthocyanins. Antioksidan tersebut dapat mencegah kenaikan berat badan.

Sebuah penelitian tahun 2016 dalam British Medical Journal menyatakan bahwa orang yang paling banyak mengkonsumsi makanan ini mengalami kenaikan berat badan paling sedikit dalam periode 24 tahun.

3. Kembang kol

Sebuah studi tahun 2015 dalam PLOS Medicine menemukan bahwa konsumsi kembang kol ini terkait dengan kenaikan berat badan kurang dari 1.37 pon dalam 4 tahun.

Jika Anda tidak terlalu suka kembang kol, Anda dapat mencoba bentuk lain kembang kol. Cobalah mencari "cauliflower rice" atau kembang kol yang telah diolah seperti nasi di supermarket dan jadikan ini pengganti karbohidrat Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengukus, membekukan dan mencapurkannya menjadi jus sayuran untuk dikonsumsi di pagi hari.

4. Tofu

Kedelai merupakan salah satu makanan yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah studi dalam PLOS Medicine menyebutkan hal tersebut. Konsumsi makanan berasal dari kedelai atau tofu dalam membantu partisipan dalam penelitian menurunkan berat badan sebanyak 2.5 pon. Salah satu alasannya adalah tofu hanya memiliki 80 kalori per saji.

5. Grapefruit

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi setengah grapefruit sebelum makan mengalami penurunan berat badan sebanyak 3.5 pon dalam 12 minggu. Para peneliti tidak memiliki alasan yang kuat untuk hal ini, tetapi kemungkinan grapefruit dapat menurunkan tingkat insulin setelah makan. Selain itu grapefruit tidak hanya dapat membantu penurunan berat badan tetapi juga dapat mengatasi kulit berminyak serta kerutan.

6. Air putih

Anda mungkin telah mengetahuinya bahwa konsumsi air putih memiliki banyak manfaat. Sampai saat ini memang tidak ada bukti yang tepat untuk menunjukkan bahwa air putih dapat membantu menjaga berat badan. Namun, sebuah penelitian dalam Annals of Familiy Medicine menerangkan beberapa hal.

Penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami dehidrasi memiliki resiko 59 persen lebih besar dalam mengalami obesitas dibandingkan orang dewasa yang mengkonsumsi air putih dengan cukup.

Perhatikanlah konsumsi air putih Anda sehari-hari. Anda tidak perlu terlalu banyak mengkonsumsi air putih tapi jangan sampai Anda mengalami dehidrasi. Minumlah saat Anda merasa haus dan konsumsi diet dengan pola baik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...