Wow banyak tukik dilepaskan dari Pantai Legian Bali

Rike
Rike

Wow banyak tukik dilepaskan dari Pantai Legian Bali
WinNetNews.com-Masyarakat dan wisatawan mengikuti pelepasan tukik mencapai seribu ekor di Pantai Legian, Kabupaten Badung, Bali, di acara "Bali Big Eco Weekend".

Wakil Bendesa (Ketua Adat) Legian Gusti Gede Suwanda di Legian, Bali, Sabtu (30/6), menyebutkan pelepasan tukik (anak penyu) itu sebagai wujud kepedulian terhadap satwa langka yang dilindungi undang-undang. "Kegiatan tersebut didukung oleh beberapa sponsor, antara lain Coca Cola, Quiksilver, Pemerintah Kabupaten Badung dan perusahaan hotel di kawasan Legian," ucapnya. Dalam pelepasan tukik itu secara serentak para turis dan masyarakat berjejer di tepi pantai yang berpasir putih itu. Wisatawan asing dan Nusantara yang kebetulan berlibur di Pulau Dewata pun menyempatkan melepas anak penyu itu ke laut."Mereka nampak senang hati bisa melepas tukik tersebut. Pada kesempatan itu juga hadir Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa didampingi Kepala Dinas Pariwisata Cokorda Gede Darmawan, serta perwakilan dari sponsor acara 'Bali Big Eco Weekend 2016'," terangnya.

Gusti Suwanda memberi apresiasi tinggi pada sponsor yang ikut dan mendukung kegiatan tahunan ini, dalam upaya menjaga kebersihan pantai dan pelestarian satwa langka. "Sebelum melepas tukik juga diselenggarakan pembersihan sampah sepanjang Pantai Legian. Peran dari perusahaan Coca Cola dalam menyukseskan acara tersebut luar biasa. Mereka juga memberikan sarana berupa alat berat untuk mengangkat sampah, serta menyediakan bak sampah," ujarnya.

Kegiatan sehari itu, tambah dia, pihak sponsor pun menyerahkan tong sampah kepada lima desa adat yang memiliki pantai, antara lain Desa Pakraman Kuta, Kedonganan, Nusa Dua, Legian dan Sanur. "Semua masyarakat dan wisatawan yang memadati Pantai Legian sejak pagi hari melakukan pembersihan pantai (beach clean up). Puluhan ton sampah di punggut dan dikumpulkan, selanjutnya dibuang ke TPA," tandasnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});