Wow... Berkas Putusan Ahok Ada 630 Halaman
Foto: Liputan6

Wow... Berkas Putusan Ahok Ada 630 Halaman

Selasa, 9 Mei 2017 | 10:35 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - JAKARTA Sebelum memutuskan vonis untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Majelis hakim membacakan fakta-fakta hukum atas dakwaan penodaan agama yang diduga dilakukan Ahok. Secara rinci, majelis hakim mengurai perjalanan politik Ahok terkait dengan penyebutan surat Al Maidah 51. Berkas putusan dalam lanjutan sidang dugaan penodaan agama setebal 630 halaman.

"630 lebih kalau sebagaimana pembacaan tuntutan dan pembelaan yang tidak bacakan seluruhnya keterangan saksi dan ahli. Kami minta persetujuan jaksa penuntut umum dan penasihat hukum," kata Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto, sebelum memulai pembacaan putusan Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Ali Mukartono, Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum dan Trimoelja D Soerjadi, salah satu anggota tim kuasa hukum Ahok menyetujui berkas dibacakan.

Dwiarso menyatakan putusan itu akan dibacakan bergilir oleh lima anggota Majelis Hakim. Pengunjung sidang diminta tertib saat pembacaan putusan.

"Tidak perlu dikomentari, yel-yel, takbir, dan segala macam supaya yang hadir di sini dan nonton "live' di rumah bisa mendengar pertimbangan Majelis Hakim secara utuh. Yang buat kegaduhan petugas keamanan keluarkan pengunjung itu," ucap Dwiarso.

Ahok dituntut dengan pidana satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menilai, Ahok hanya melanggar Pasal 156 KUHP. Sedangkan dakwaan melanggar Pasal 156a KUHP mengenai penodaan agama dinilai tidak terbukti.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...