Wow… Cara Ini Bisa Buatmu Tidur  Terlelap Lebih Cepat Loh
ilustrasi  tidur nyenyak ( copyright iStockphoto.com )

Wow… Cara Ini Bisa Buatmu Tidur  Terlelap Lebih Cepat Loh

Sabtu, 21 Mar 2020 | 12:14 | Muchdi

Winnetnews.com -  Kurang tidur merupakan salah satu masalah yang saat ini jamak dialami. Munculnya hal ini lantaran gaya hidup serta penggunaan gawai yang terjadi sampai ruang pribadi kita.

Masalah ini dapat berkembang menjadi masalah lain yang mengancam secara kesehatan. Baik secara fisik maupun mental, masalah kurang tidur ini bisa berakibat buruk.

Ketika kamu kurang tidur, tubuh tidak akan dapat berfungsi secara normal seperti seharusnya. Hal ini bisa menyebabkan turunnya konsentrasi, daya pikir, kewaspadaan, serta produktivitas. Kamu juga rentan untuk lebih mudah marah saat kurang tidur.

Untuk mencegah masalah ini, terdapat sejumlah cara yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Dilansir dari mindbodygreen.com, berikut sejumlah cara yang membuat kamu jadi lebih mudah tertidur.

- Lakukan Relaksasi Otot

Melemaskan otot sebelum tidur bisa jadi cara untuk membantumu cepat terlelap. Melemaskan otot ini bisa membantu melambatkan detak jantung dan membuat tubuh menjadi santai. Dalam kondisi tubuh dan pikiran yang lebih tenang, maka kamu bisa terlelap lebih cepat.

- Hilangkan Pikiran Buruk

Salah satu penyebab sulit tidur di malam hari adalah munculnya pikiran-pikiran buruk sebelum terlelap. Melemaskan pikiran dan membuat situasi yang menenangkan bisa membantu kamu terlelap lebih cepat.

Kamu bisa menata kamarmu dalam situasi yang kamu senangi atau memikirkan hal yang menyenangkan sebelum tertidur. Kamu juga bisa menuliskan hal yang kamu takuti di buku harian atau kertas untuk mengusir rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur.

- Gunakan Minyak Esensial

Menggunakan minyak esensial terutama minyak lavender bisa membantu tubuh menjadi lebih santai dan terlelap lebih cepat. Kandungan pada minyak esensial bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik yang membuat tubuh menjadi lebih tenang. Hal ini bisa membuatmu jadi lebih cepat terlelap di malam hari.

- Perhatikan Suhu Kamar dan Matikan Lampu

Salah satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah apakah suhu kamarmu sudah ideal. Pastikan kamar berada dalam suhu antara 20 hingga 25 derajat agar kamu bisa terlelap dalam kondisi tepat.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah cahaya di kamar. Pastikan lampu dalam kondisi mati karena terang lampu bakal mengacaukan jam tubuh sehingga kamu sulit tertidur. Kondisi lampu yang mati juga bisa membantumu tidur lebih optimal dalam memulihkan diri.

- Konsumsi Magnesium

Melatonin merupakan hormon yang diperlukan untuk memastikan tidurmu tidak terganggu di malam hari. Kurangnya magnesium diketahui berhubungan dengan menurunnya melatonin di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi magnesium merupakan cara yang diperlukan agar kamu bisa terlelap dengan cepat di malam hari.

Sejumlah cara ini bisa sangat membantu terutama ketika kamu mengalami masalah kesulitan tidur di malam hari. Tidur dalam jumlah yang tepat setiap hari bisa membantu menjaga fungsi tubuh dan terhindar dari masalah kesehatan.

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Merdeka.com dengan judul "Sulit Tidur? 5 Cara Ini Bisa Buatmu Terlelap Lebih Cepat"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...