(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Wow… Hewan-hewan Ini Tak Butuh Waktu Tidur Panjang Loh

Muchdi
Muchdi

Wow… Hewan-hewan Ini Tak Butuh Waktu Tidur Panjang Loh Ilustrasi kuda (AFP)

WinNetNews.com - Selama ini kita kerap bertanya-tanya bagaimana cara seekor ikan tidur. Sebab, hewan ini hidup di air dan tidak pernah terlihat menutup matanya.

Namun percayakah Anda jika ikan itu juga membutuhkan tidur? Beda dengan manusia yang memiliki kelopak mata, hewan yang satu ini akan terjaga dalam kondisi mata yang terbuka.

Untuk mengetahui apakah ikan tidur atau tidak, terlihat dari respon yang ia lakukan. Jika ikan lambat dalam merespons, kemungkinan ia sedang tertidur pulas.

Dan apabila ia sedang berada dipojok dan dasar akuarium, itu juga menunjukkan indikasi yang sama. Durasi tidur ikan terbilang singkat dan juga tidak terlalu membutuhkan banyak tidur.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman Elitedaily.com, Sabtu  (29/9/2018), Berikut hewan- hewan yang memiliki waktu tidur sangat singkat, yuk disimak ya.

- Jerapah

Hewan yang punya tubuh tinggi ini tampaknya sulit untuk berbaring dan tidur layaknya manusia. Sebab, kendala tubuhnya yang tinggi menyulitkan mereka untuk bangun dan berdiri seperti semula.

Meski begitu, rupanya jerapah tergolong sebagai hewan yang tidak terlalu memerlukan tidur terlalu lama. Mereka hanya tidur selama 30 menit dalam sehari. Posisi tidurnya pun unik, mereka akan tetap berdiri dan diam sambil menutup mata dan melengkungkan lehernya.

- Gajah

Mamalia bertubuh besar ini juga masuk dalam daftar hewan yang tidak membutuhkan tidur terlalu banyak.Lewat pantauan BBC, gajah liar di Afrika disebutkan membutuhkan durasi tidur paling sedikit dibanding mamalia lainnya.

Para ilmuan yang menganalisis hewan ini menyebut jika mereka hanya tidur sekali dalam tiga hari. Bahkan, durasi tidurnya terbilang pendek. Mereka hanya istirahat selama dua jam dan selebihnya kembali beraktivitas.

- Domba

Menurut National Sleep Foundation, domba tidur suka dengan kawanan mereka. Durasinya cukup terbatas yaitu empat jam saja.

Sabine Ehlers, pemilik pusat peternakan domba dan anjing gembala mengatakan kawanan domba akan tidur di mana pun mereka merasa nyaman saat mengantuk. Jika berangin dan hujan mereka akan mencari perlindungan dan tempat kering, di bawah pohon misalnya atau di gudang.

Jika tak berangin, para domba lebih suka tidur menyebar di lapangan. Sementara pada pagi hari yang beku, dengan tanah tertutup salju atau es, bagian yang terlihat bekas lingkaran dan agak melelah menjadi pertanda tempat mereka beristirahat.

- Kuda

Kuda memiliki banyak peran dalam kebudayaan manusia. Hewan ini pertama kali dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan oleh suku-suku pengembara.

Kuda punya cara unik untuk tidur. Mereka akan merebahkan tubuhnya lalu melipat empat kaki. Terkadang hewan ini juga suka mendengkur. Namun, hewan ini juga bisa tidur dalam kondisi berdiri. Mereka akan mengunci kaki dengan teknik tersendiri dan mengendurkan otot-ototnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});