(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Wow… Ini Nih 4 Negara yang Ternyata Punya Tradisi Makan Serangga

Muchdi
Muchdi

Wow… Ini Nih 4 Negara yang Ternyata Punya Tradisi Makan Serangga Ilustrasi Photo Istock

WinNetNews.com - China dikabarkan mulai melirik kecoa sebagai salah satu alternatif pemenuhan gizi masyarakat. Serangga, tak hanya kecoa, telah lama diklaim bisa memenuhi kebutuhan gizi lebih baik daripada hewan pedaging.

Riset dalam European Journal of Clinical Nutrition menyatakan, 3,5 ons larva kumbang mengandung lebih banyak kalori dibanding daging ayam. Larva kumbang mengandung 247 kalori sedangkan daging ayam hanya memiliki 152 kalori.

Seperti dikutip dari situs detikHealth dari laman US News, Sabtu (15/12/2018), Meski terkesan menjijikkan, entomofagi alias seni makan serangga telah dipraktikkan di beberapa negara. Berikut beberapa contohnya, yuk di simak ya.

1. Thailand

Dimulai dari yang terdekat dengan Indonesia, Thailand mengolah serangga menjadi aneka camilan. Jenis serangga yang kerap diolah antara lain jangkrik dan cacing kayu. Jangkrik mengandung kalori, vitamin, dan mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

2. Ghana

Ghana menggunakan serangga untuk memenuhi kebutuhan pangan saat dilanda perang. Sebagai sumber protein otama serangga bisa dipanggang, digoreng, atau dijadikan komposisi roti. Ghana memilih rayap sebagai jenis serangga yang kerap dikonsumsi.

3. Brazil

Warga Brazil memilih serangga jenis ratu semut atau yang disebut icas. Awalnya, serangga bersayap ini dikonsumi maysarakat miskin sebagai alternatif camilan. Namun rasanya yang serupa mint mejadikan camilan ini populer terutama di daerah Brazil barat daya.

4. Jepang

Tak hanya ikan, warga Jepang ternyata doyan serangga yang mengandung aneka proein. Beberapa jenis menu yang terkenal adalah jangkring goreng atau inago, pupa ulat sutra goreng atau sangi, dan aneka olahan larva atau zaza mushi.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});