Wow… Ini Nih 5 Minuman Pengganti Kopi yang Tak Kalah Berenergi

Wow… Ini Nih 5 Minuman Pengganti Kopi yang Tak Kalah Berenergiilustrasi kopi (epicantus-Pixabay)

WinNetNews.com -  Ragam kopi Indonesia selalu menggoda untuk dicoba. Begi sebagian orang kopi menjadi minuman untuk memulai aktivitas. Tak sekadar minuman biasa, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf seperti alzheimer atau parkinson.

Dalam 100 mililiter kopi, mengandung 92 miligram potasium, 0,7 miligram niasin, 0,05 mangan, 8 miligram magnesium dan 0,01 riboflavin. Meski memiliki benefit, tak semua orang memiliki toleransi tinggi terhadap kafein. Selain itu, konsumsi kopi berlebih dapat menimbulkan efek buruk seperti kecemasan, jantung berdebar, insomnia, serta kepala pening.

Dikutip dari situs CNN Indonesia dari laman Bold Sky, Minggu (16/9/2018), Anda bisa memperoleh manfaat kurang lebih sama dengan kopi lewat minuman-minuman berikut.

1. Kopi akar dandelion

Rasa pahit kopi seolah tak tergantikan oleh minuman lain. Namun orang bisa mencoba minuman kopi akar dandelion. Rasanya mirip dengan kopi tetapi memiliki kandungan kafein lebih sedikit.

Minuman ini pun mengandung beragam nutrisi seperti vitamin A,B,C dan D, zat besi, kalisium dan magnesium. Kalsium dan magnesium diperlukan tubuh untuk produksi energi.

2. Matcha

Matcha merupakan teh yang dibuat dengan menghaluskan teh hijau hingga menjadi serbuk. Teh matcha mengandung banyak antioksidan, klorofil dan serat. Kandungan ini pun baik untuk mencegah penyakit jantung, baik untuk orang dengan diabetes tipe 2 dan mencegah kanker. Matcha juga mengadung kafein yang cukup sebagai pembangkit energi.

3. Teh masala

Minuman khas India satu ini patut dicoba. Tampilannya sekilas mirip dengan teh tarik, berwarna kecoklatan. Teh masala dibuat dari rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, dan jahe.

Rasa dan aromanya begitu kaya plus kandungan antioksidan. Teh masala juga cocok dikonsumsi di musim hujan atau saat udara dingin karena dapat menghangatkan badan sehingga tubuh jauh dari demam dan flu.

4. Teh kunyit

Teh kunyit juga bisa menjadi minuman alternatif pengganti kopi. Minuman ini memiliki warna kuning dengan rasa yang kuat. Kunyit sendiri mengandung kurkumin yang memiliki beragam manfaat.

Teh kunyit dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi inflamasi, mengurangi gejala artritis, mencegah kanker dan alzheimer. Mereka yang memiliki kerusakan hati dan batu empedu sebaiknya memasukkan minuman ini dalam asupan dietnya.

5. Cokelat panas

Rasa manis cokelat panas bisa menjadi awal baik untuk memulai hari. Cokelat atau kakao mengandung zat bernama anandamide yang baik untuk saraf dan bisa memicu rasa bahagia. Kakao sendiri mengandung magnesium sehingga membuat tubuh tetap aktif.