Wow… Ini Nih 5 Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan di Pagi Hari

Muchdi
Muchdi

Wow… Ini Nih 5 Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan di Pagi Hari ilustrasi

WinNetNews.com - Olahraga secara umum baik untuk kesehatan. Nah bila dilakukan di pagi hari ada manfaat ekstra dari aktivitas fisik ini karena bisa membantu kita jadi lebih bersemangat dengan melancarkan peredaran darah di tubuh.

Udara yang masih segar di pagi hari juga dapat membawa efek positif pada suasana hati.

Bangun pagi untuk olahraga mungkin terasa sulit pada awalnya, namun semua itu akan terbayar dengan berbagai manfaatnya. Seperti dikutip dari detikhealth, Jakarta,Sabtu (21/4/2018), Tidak perlu olahraga yang melelahkan, ringan sederhana seperti beberapa contoh ini saja sudah cukup:

1. Jalan kaki

Jalan kaki di pagi hari, atau bila perlu lari, dapat melancarkan peredaran darah dengan membuat jantung memompa lebih keras. Hormon seperti adrenalin juga dihasilkan oleh tubuh sehingga rasa kantuk yang mungkin tersisa dapat dienyahkan.

2. Bersepeda

 Foto: Rengga Sancaya

Kalau bosan dengan jalan kaki kamu bisa mencoba bersepeda. Dampaknya pada tubuh hampir sama seperti olahraga jalan atau lari pagi karena bekerja dengan memacu kerja jantung dan paru-paru.

Hanya saja dengan bersepeda seseorang dapat menempuh jarak yang lebih jauh untuk menikmati suasana pagi. Oleh sebab itu kadang ada yang memilih bersepeda selain sebagai bentuk olahraga juga sebagai sarana transportasi untuk berangkat ke kantor.

3. Senam yoga

   Foto: Instagram

Yoga atau senam lainnya dapat membuat otot-otot tubuh yang kaku setelah semalaman tidur menjadi lebih renggang. Anggap saja seperti pemanasan mengurangi risiko cedera karena beban gerakan mendadak.

Karena otot sering kaku dan nyeri di pagi hari, melakukan serangkaian gerakan yoga yang lembut adalah cara yang baik untuk menghangatkan dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas lainnya.

4. Lompat tali

  Foto: thinkstock

Bila kamu tidak ingin repot atau tidak ada waktu ke luar rumah untuk jalan pagi maka bisa digantikan dengan lompat tali. Praktis dilakukan karena tidak memerlukan peralatan mahal dan bisa dilakukan di mana saja.

Lompatan tali yang lambat bisa jadi latihan pemanasan yang hebat. Sedangkan lompatan cepat atau double under, di mana tali melewati kaki dua kali sebelum mendarat akan menjadi latihan yang efektif membakar kalori.

5. Latihan bodyweight

 Foto: thinkstock

Latihan bodyweight adalah olahraga beban yang memanfaatkan berat tubuh sendiri. Beberapa contoh dari latihan ini seperti sit-up, push-up, planking, hingga squat. Bila rutin dilakukan di pagi hari selain dapat meningkatkan metabolisme ada bonus membuat otot tubuh semakin kencang.

Apa Reaksi Kamu?