Wow… Konsumsi Daun Jambu Banyak Manfaatnya Loh Untuk Kesehatan
Ilustrasi daun jambu ( Photo Net )

Wow… Konsumsi Daun Jambu Banyak Manfaatnya Loh Untuk Kesehatan

Sabtu, 20 Jul 2019 | 13:22 | Muchdi

Winnetnews.com -  Bukan hanya buahnya saja yang kaya nutrisi, konsumsi daun jambu juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun pohon jambu biji kaya akan antioksidan, zat antiinflamasi, antibakteri, dan tanin yang dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan.

Daun jambu biji dapat meringankan masalah pencernaan seperti diare hingga mengobati penyakit kanker. Untuk mendapatkan khasiat itu, daun jambu dapat diseduh menjadi teh. Proses ini membuat daun jambu melepaskan vitamin C dan flavanoid seperti kuersetin.

Berikut manfaat konsumsi daun jambu yang sudah terbukti secara ilmiah.

- Diare

Teh, ekstrak, atau minyak esensial daun jambu biji dapat membantu memperbaiki kondisi pencernaan seperti diare. Penelitian menemukan, ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi frekuensi buang air besar dan mengurangi keparahan diare.

- Obesitas

Sama seperti buah jambu biji yang kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah, daunnya pun memiliki kandungan serupa.

Daun jambu biji dapat menghambat pati kompleks agar tidak berubah menjadi gula. Proses ini dapat berkontribusi untuk mengurangi kenaikan berat badan dan mencegah obesitas.

- Diabetes

Studi menunjukkan, ekstrak daun jambu biji dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

"Jambu memiliki indeks glikemik yang rendah, bahkan pasien diabetes bisa mengonsumsi jambu. Ini dapat mencegah fluktuasi kadar insulin dan glukosa," kata ahli penyakit diabetes Revathi Sundaramurthy kepada situs kesehatan Medical Daily.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...