Wow… Konsumsi Pepaya Muda Banyak Manfaatnya Loh Untuk Tubuh

Muchdi
Muchdi

Wow… Konsumsi Pepaya Muda Banyak Manfaatnya Loh Untuk Tubuh  ilustrasi pepaya ( Photo thehealthsite.com )

Winnetnews.com - Pepaya telah lama dipercaya memiliki manfaat baik bagi tubuh. Manfaat pepaya yang paling populer ialah untuk menyehatkan pencernaan. Walau manfaat tersebut ditemukan dalam pepaya yang sudah matang, namun pepaya muda juga tak kalah bermanfaat.

Pepaya muda kerap ditemukan dalam masakan matang, salad sayur, jus, maupun rujak. Di Indonesia, konsumsi pepaya muda diyakini dapat memperbanyak produksi air susu ibu (ASI). Namun, pepaya muda juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Berikut sejumlah manfaat sehat konsumsi pepaya muda.

- Baik untuk pencernaan

Pepaya muda mengandung lebih banyak enzim papain daripada pepaya matang. Enzim satu ini berguna untuk proses pencernaan. Selain enzim papain, proses pencernaan terbantu dengan fitonutrien dan serat pada pepaya muda.

Anda bisa mengonsumsi pepaya muda untuk membersihkan pencernaan secara alami. Kandungan nutrisi pepaya muda membantu membersihkan 'sampah' yang menumpuk dan mengganggu saluran pencernaan. Agar manfaat terasa, konsumsi pepaya muda segar dengan cara dijadikan jus.

- Kaya kandungan karotenoid

Melansir dari laman Herbal Papaya, sebuah studi yang dipublikasi di The British Journal of Nutrition menyebut pepaya muda mengandung karotenoid lebih banyak ketimbang tomat dan wortel. Bahkan karotenoid pada pepaya muda lebih mudah digunakan tubuh saat dikomparasi dengan jenis buah lain.

Karotenoid adalah senyawa kimia yang memberikan warna alami pada buah dan sayur. Keluarga antioksidan satu ini bisa melindungi tubuh dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karotenoid ada banyak jenis tetapi yang paling umum ialah beta karoten, lutein, alfa karoten dan likopen.

Apa Reaksi Kamu?