Wow! Saudi Tawarkan Naturalisasi Bagi Para Ahli dan Kaum Profesional
Ilustrasi paspor naturalisasi Saudi Arabia. [Foto: News1.news]

Wow! Saudi Tawarkan Naturalisasi Bagi Para Ahli dan Kaum Profesional

Jumat, 6 Des 2019 | 15:35 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Ada keistimewaan yang kamu bisa dapatkan dari Kerajaan Saudi Arabia. Mulai dua bulan lalu, Raja Salman bin Abdulaziz al-Aziz telah mengeluarkan dekrit yang memberikan kewarganegaraan Saudi bagi para professional asing yang mumpuni di beberapa bidang keahlian.

Dekrit tersebut diterbitkan Raja Salman yang bisa dimanfaatkan Warga Negara Asing (WNA) dari luar Saudi guna membantu pihak Kerajaan Saudi mendiversivikasi perekonomiannya. Uniknya, tawaran status kewarganegaraan ini berlaku bagi pada ahli dari seluruh dunia.

Dilaporkan SINDOnews.com, menurut dekrit tersebut, kewarganegaraan Saudi akan diberikan kepada para profesional terkemuka dalam berbagai disiplin ilmu termasuk para sarjana Islam serta para ahli di bidang energi nuklir dan terbarukan, kedokteran, farmakologi, ilmu komputer, minyak, kecerdasan buatan, robot, ekologi, astronotika, penerbangan, budaya, olahraga, dan seni.

"Ini juga mencakup domain yang dibutuhkan oleh Arab Saudi karena sifat geografisnya seperti ilmuwan terkemuka dalam teknologi desalinasi dan membantu dalam mencapai tujuan mempercepat pembangunan," bunyi dekrit raja tersebut, seperti dikutip Gulf News, Kamis (5/12).

Langkah naturalisasi itu bertujuan menarik orang-orang terhormat dan kreatif dari seluruh dunia untuk datang untuk tinggal dan bekerja di Arab Saudi.

Langkah ini sesuai dengan Visi Saudi 2030, sebuah skema ambisius yang diluncurkan pada 2016 dengan tujuan diversifikasi ekonomi Saudi agar tidak bergantung pada minyak dan mempromosikan pembangunan nasional untuk kepentingan negara dan warga negara. Visi Saudi 2030 diluncurkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Belum jelas apakah naturalisasi yang dilaporkan media tersebut juga berlaku bagi profesional non-Muslim. [sindonews]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...