Wow.. Unik Nih, Hewan-hewan Ini Punya Suara Keras dan Bisa Bikin Sakit Telinga Loh

Wow.. Unik Nih, Hewan-hewan Ini Punya Suara Keras dan Bisa Bikin Sakit Telinga Loh Ilustrasi Hyena (AP)

WinNetNews.com - Ada begitu banyak satwa yang tersebar di seluruh dunia. Karena keberagamannya, manusia melakukan penelitian terhadap hewan mulai dari bentuk tubuh, organ hingga prilaku.

Zoologi adalah cabang biologi yang mempelajari struktur, fungsi, perilaku, serta evolusi hewan. Ilmu ini antara lain meliputi anatomi perbandingan, psikologi hewan, biologi molekular, etologi, ekologi perilaku, biologi evolusioner, taksonomi, dan paleontologi.

Salah satu yang dipelajari oleh manusia adalah prilaku mendominasi suatu wilayah lewat suara yang mereka keluarkan. Suara ini begitu keras bahkan mampu membuat makhluk lain merasa sakit pada telinganya.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman Invorma.com, Sabtu  (6/10/2018), berikut 5 hewan yang punya suara keras dan bisa bikin sakit telinga:

- Hyena

Hyena adalah hewan menyerupai anjing namun memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Merupakan musuh bebuyutan singa karena selalu bersaing untuk mendominasi sebuah savana.

Hyena akan memburu mangsanya dengan suara yang kencang. Itu semua ia lakukan untuk menunjukkan posisinya pada sang mangsa.

Ketika merasa terancam, ia akan mengeluarkan suara berdecit yang memekak hewan lain agar dijauhi, untuk melindungi dirinya sendiri. Manusia yang mendengar suaranya bahkan bisa kesakitan kupingnya karena dia.

- Singa

Raungan singa sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Sangat keras dan bikin ngeri. Suara yang dikeluarkan oleh binatang ini dilakukan untuk memperluas wilayah mereka.

Selain itu, suara keras ini juga digunakan untuk menangkis serangan saat ada calon-calon penguasa wilayah berada di lokasi yang sama. Baik singa jantan ataupun betina semuanya punya suara yang besar. Namun, para pejantan punya volume yang jauh lebih besar.

- Serigala

Suara hewan yang satu ini identik dengan film horor. Tiap adegan menyeramkan hingga mencekam selalu terdengar suara serigala.

Lolongan seriga tak hanya bikin orang takut, tetapi juga sangat kencang. Meski jaraknya sangat jauh, suara hewan ini akan terdengar, apalagi ketika malam tiba.

Serigala memang banyak ditemukan di hutan di seluruh dunia, selain serigala western yang kuat dan diandalkan sebagai pemangsa untuk menemani seseorang yang ingin berburu, serigala abu ini ternyata memiliki suara dengan oktaf yang tinggi serta mengaum dalam waktu yang panjang.

- Gajah

Pernah mendengar suara gajah mengamuk? Suara yang menggema saat mereka berteriak ini ternyata bisa memekak sekelilingnya. Gajah biasanya berteriak ketika mereka mulai terasa terancam dan meminta bantuan gajah lainnya yang ada di wilayah tersebut.

Kini keberadaan gajah sangatlah terancam. Sebab banyak pemburu yang sengaja membunuh mereka hanya untuk diambil gadingnya saja.

- Cicadas

Meskipun tubuhnya sangatlah kecil, binatang yang satu ini punya suara yang begitu besar dan nyaring. Binatang yang jarang ditemui di Indonesia ini ternyata juga serangga dengan suara paling mematikan di dunia.

Cicadas sendiri memang memiliki warna yang colorful dan tak biasa, banyak yang ingin menangkapnya untuk dijadikan hiasan. Ia punya cara unik untuk mengusir mangsanya dengan suara yang ia miliki dengan mengacaukan pendengaran sebagai polusi suara.