Wow! Virus Corona di Brasil Meningkat Tajam, Susul Italia dan Spanyol

Khalied Malvino

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Wow! Virus Corona di Brasil Meningkat Tajam, Susul Italia dan Spanyol
Patung Yesus di Brasil mengenakan masker sebagai dampak virus corona yang meningkat tajam. (Foto: Financial Times)

Winnetnews.com -  Jumlah kasus virus corona yang dikonfirmasi di Brasil melebihi catatan Italia dan Spanyol per Sabtu (16/5). 

Dengan demikian, Brasil kini menjadi negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak keempat di dunia, di bawah Amerika Serikat (AS), Rusia, dan Inggris.

Dilansir dari Reuters via Kompas.com, Minggu (17/5), Kementerian Kesehatan Brasil mendaftarkan 14.919 kasus baru dalam 24 jam terakhir, membuat total kasus Covid-19 di Brasil menjadi 233.142.

Namun dibandingkan dengan tiga negara dengan jumlah kasus lebih banyak, pengujian virus corona di Brasil lebih sedikit jumlahnya.

Situasi ini dinilai akan semakin meningkatkan tekanan ke Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang baru saja kembali ditinggal mundur oleh Menteri Kesehatan dua kali beruntun.

Bolsonaro bersitegang dengan banyak gubernur di negara bagian Brasil, mengenai isolasi sosial yang ketat dan karantina untuk menahan penyebaran virus corona.

Aturan-aturan tersebut termasuk di antaranya adalah penutupan sekolah, toko, dan restoran.

Ia berpendapat, beban perekonomian tak mampu ditanggung lagi sehingga harus membuka lagi tempat-tempat usaha secepat mungkin.

Sementara itu Wakil Presiden Brasil, Hamilton Mourao, menjalani tes Covid-19 dan ditempatkan di ruang isolasi di rumah dinasnya pada Sabtu, setelah seorang pelayan publik yang berada di dekatnya pekan lalu positif corona.

Mourao (66) tidak dapat bekerja sebagaimana biasanya pada Senin (18/5), karena masih menunggu hasil lab.

Bolsonaro telah menjalani beberapa tes virus corona setelah para menteri dan pembantu dekat lainnya dinyatakan positif.

Tes corona di Brasil masih jauh tertinggal dibandingkan negara-negara Eropa. Awal pekan ini Negeri "Samba" memproses hampir 338.000 tes Covid-19 di lab resmi mereka, menurut Departemen Kesehatan.

Sementara itu 145.000 tes lainnya sedang dalam analisis atau menunggudalam antrean. Sebaliknya di Italia dan Spanyol telah dilakukan sekitar 1,9 juta tes virus corona.

Kementerian Kesehatan Brasil pada Sabtu juga melaporkan 816 kematian akibat virus corona, membuat total korban meninggal jadi 15.633.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...