Wow…5 Makanan Ini Kaya Antioksidan Loh, Cegah Masuknya Penyakit ke Tubuh
makanan kaya antioksidan ©lifehack

Wow…5 Makanan Ini Kaya Antioksidan Loh, Cegah Masuknya Penyakit ke Tubuh

Minggu, 26 Apr 2020 | 17:44 | Muchdi

Winnetnews.com -  Pada kondisi seperti sekarang, konsumsi makanan sehat merupakan hal yang penting. Salah satunya adalah makanan yang memiliki kandungan antioksidan.

Antioksidan merupakan molekul yang mempunyai manfaat untuk menetralkan efek radikal bebas atau molekul tak stabil yang merusak sel tubuh. Tanpa antioksidan, radikal bebas bisa berdampak pada masalah komplikasi kesehatan serius bahkan hingga kematian.

Nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan maupun kebugaran. Antioksidan juga diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kondisi yang terjadi saat ini menyebabkan memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh ini jadi sangat penting untuk dilakukan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan kaya antioksidan yang penting untuk dikonsumsi.

1. Kacang-Kacangan

Makanan ini mengadung mineral, fitokimia seperti resveratrol serta kandungan lemak yang baik di dalamnya. Walnut merupakan makanan yang mengandung banyak omega-3 sedangkan kacang Brasil miliki kandungan selenium di dalamnya.

2. Sayuran Hijau Tua

Sayuran berwarna hijau tua memiliki banyak kandungan vitamin C, E, A, dan kalsium serta mineral seperti magnesium dan potassium. Sayuran ini juga memiliki kandungan antioksidan fitokimia yang mampu mengencerkan darah dan mencegah kanker.

3. Teh

Teh memiliki dua fitokimian yaitu anthocyanin dan pro anthocyanin. Keduanya merupakan antioksidan yang bisa melawan peradangan. Minuman ini juga mengandung catechins yang mampu menghambat kerusakan sel yang bisa menyebabkan kanker.

4. Biji-Bijian

Biji-bijian memiliki kandungan zinc dan selenium di dalamnya. Terdapat juga kandungan fitokimia yang melindungi dari penyakit jantung dan kanker.

5. Kacang Polong

Makanan ini mengandung banyak vitamin dan mineral di dalamnya. Terdapat kandungan vitamin C, kalsium, zinc, selenium, serta asam folat di dalam makanan ini.

Berbagai makanan tersebut sangat tepat kamu konsumsi untuk mencegah masuknya penyakit serta menjaga kesehatan. Sebaiknya konsumsi makanan ini secara rutin untuk mendapat manfaat sehatnya.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Merdeka.com dengan judul "5 Makanan Kaya Antioksidan untuk Mencegah Masuknya Penyakit ke Tubuh"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...