Wow…Fakta Menarik Nih, Perbandingan Fungsi Tubuh Wanita dan Pria

Wow…Fakta Menarik Nih, Perbandingan Fungsi Tubuh Wanita dan Priailustrasi

WinNetNews.com - Banyak hal yang membedakan antara wanita dan pria selain dari jenis kelamin dan bentuk tubuh. Faktanya, fungsi tubuhnya pun berbeda lho.

Selama ini wanita kerap disebut pribadi yang lemah, dan pria berkoar-koar ialah yang lebih kuat. Benarkah demikian? Faktanya, ada beberapa fungsi tubuh wanita yang cenderung melebihi pria.

Seperti dikutip dari situs detikHealth dari berbagai sumber, Jakarta, Sabtu (15/9/2018), berikut fakta menarik fungsi tubuh wanita yang melebihi para pria.

1. Detak jantung wanita lebih cepat daripada pria

Dikutip dari ABC News, jantung wanita berdetak lebih cepat daripada jantung pria, padahal ukurannya lebih kecil. Rata-rata, detak jantung wanita dewasa sekitar 78 per menit, berarti delapan detak lebih cepat dibandingkan detak jantung pria.

Jantung akan tetap berdenyut meskipun dikeluarkan dari tubuh. Ini disebabkan jantung memiliki sistem kelistrikan sendiri. Selama jantung masih menerima oksigen, ia akan terus memompa darah.

2. Kekebalan tubuh wanita lebih kuat

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of The National Academy of Sciences of the United States of America, wanita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan pria. Ini didasari pada kromosom X yang lebih banyak terdapat di wanita, ternyata mengandung banyak gen terkait kekebalan.

Namun, para wanita jadi lebih rentan untuk mengalami autoimun, yaitu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri.

3. Reseptor rasa manis di lidah wanita lebih kuat dibanding pria

Menurut beberapa penelitian, indera perasa wanita lebih tajam dibandingkan pria, apalagi pada rasa manis. Bahkan tidak terbatas hanya pada wanita dewasa saja, ini berlaku juga pada anak perempuan.

Penelitian terbaru menemukan bahwa anak perempuan juga memiliki indera perasa yang lebih akut daripada anak laki-laki. Sebuah studi Denmark baru-baru ini menilai indera perasa anak-anak sekolah menengah dan dasar dengan mengevaluasi preferensi makanan mereka dan kemampuan mereka untuk membedakan antara rasa manis dan asam.

Pada akhirnya, ditentukan bahwa anak perempuan lebih baik dalam mengenali selera rasa daripada anak laki-laki.

4. Membedakan warna, wanita lebih unggul

Dalam hal membedakan warna, menurut penelitian, wanita lebih unggul daripada pria. Lagi-lagi ini didasari karena kromosom X yang berkaitan langsung dengan kesensitifan warna.

Sementara itu, menurut penelitian yang sama, pria lebih unggul dalam melacak objek yang bergerak cepat atau dari kejauhan.

5. Pendengaran wanita lebih tajam daripada pria

Bukan masalah gosip, tetapi memang indera pendengaran wanita lebih tajam dibandingkan pria. Berdasarkan beberapa penelitian, wanita memiliki ketajaman pendengaran superior, terutama untuk frekuensi di atas 2 kHz.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa penurunan ketajaman pendengaran wanita lebih lambat daripada pria. Penurunan pendengaran pada pria rata-rata terjadi pada usia 30 tahun ke atas, sedangkan wanita lebih dari usia itu.