(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Wow…Ini Nih 5 Keuntungan Kalau Kamu Berhenti Main Media Sosial

Muchdi
Muchdi

Wow…Ini Nih 5 Keuntungan Kalau Kamu Berhenti Main Media Sosial Ilustrasi Sharing Informasi Via Smartphone ( Photo iStock )

WinNetNews.com - Media sosial jadi salah satu hal yang dianggap penting saat ini. Saking pentingnya sampai-sampai semua orang menganggap memiliki media sosial adalah sebuah keharusan. Bahkan anak kecil sekalipun punya media sosial sekarang.

Tidak dipungkiri memang media sosial itu menyenangkan. Tapi dibalik itu tidak banyak yang sadar jika media sosial juga memiliki banyak sekali efek buruk bahkan merugikan diri sendiri.

Tanpa sadar bermain media sosial membuat kamu kehilangan lebih banyak waktu, lebih banyak uang bahkan kehilangan teman. sebaliknya meninggalkan media sosial justru membuat kamu mendapatkan banyak keuntungan.

Tidak percaya?  Seperti dikutip dari situs IDN Times, Jakarta, dikutip Minggu (13/1/2019), berikut ini 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berhenti main media sosial.

1. Kamu bisa kembali berteman di dunia nyata

Salah satu tujuan dibuatnya Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya adalah agar kita bisa terhubung dengan banyak orang termasuk orang yang tinggal jauh dari kita. Sayangnya saking asiknya berteman dengan orang-orang di dunia maya, kita sampai lupa dengan teman-teman kita di dunia nyata.

Jangankan saling menghubungi lewat telepon saat bertemu pun tidak jarang kita malah sibuk dengan smartphone masing-masing. Nah, kalau kamu berhenti main media sosial kamu bisa nih kembali ke teman-temanmu di dunia nyata.

Waktu yang tadinya habis untuk balas komentar Instagram dan Facebook bisa dimanfaatkan untuk lebih dekat dengan teman-teman dan keluarga.

2. Kamu terbebas dari cyberbullying

Punya akun media sosial memang bisa membuat kamu mengenal lebih banyak orang. Tapi disisi lain bergabung dengan media sosial juga membuat kamu rentan menjadi korban cyberbullying. Kemudahan membagikan moment lewat foto dan video menjadi salah satu penyebabnya.

Hanya karena sebuah foto yang dianggap 'lucu' seseorang bisa langsung viral dan jadi bahan tertawaan banyak orang. Sayang bukan hanya jadi bahan tertawaan kadang komentar ini juga disertai dengan kata-kata yang merendahkan dan menyakitkan hati.

3. Kamu enggak perlu lagi memiliki hidup sempurna

Awalnya orang-orang memposting foto hanya untuk membagikan moment istimewanya dengan banyak orang. Lama-lama galeri media sosial ini kemudian berubah jadi lahan untuk pamer.

Banyak orang berlomba-lomba menunjukkan gaya hidup glamor dengan memposting liburan mewah, makan di kafe mahal atau memakai barang super branded hanya agar dianggap memiliki hidup sempurna.

Yang lebih parah banyak orang yang memaksakan diri hanya agar terlihat keren didepan followers-nya. Padahal apa sih yang kita kejar? Kita tidak mengenal semua orang di media sosial, followers-mu bahkan egak benar-benar peduli dengan apa yang kamu tampilkan di sana.

4. Tidak ada lagi drama di antara kita

Kamu yang main media sosial dari jaman Friendster sampai sekarang Instagram pasti sadar ada banyak sekali drama yang muncul di media sosial. Ada banyak orang yang pura-pura bahagia, bertengkar dengan teman-temannya, bahkan enggak sungkan untuk posting foto sedang menangis di media sosial setelah putus dengan pacarnya.

Oke Facebook atau Instagram memang membebaskan kamu untuk posting apa saja. Tapi kita juga harus bisa memfilter mana yang jadi kehidupan pribadi dan mana yang jadi konsumsi publik. Sayangnya orang cenderung lupa diri saat main media sosial dan membuat kehidupan pribadinya dilihat banyak orang. Enggak mau itu terjadi padamu kan? Yuk, berhenti main media sosial sekarang.

5. Data pribadimu hanya milikmu

Ketika mendaftar di media sosial kita diwajibkan untuk mengisi beberapa data seperti nama lengkap, foto, email, kota, negara bahkan mencantumkan nomor telepon.

Meski pihak media sosial berjanji untuk merahasiakan data pribadi tapi tetap saja akan selalu ada kemungkinan data pribadi kamu dicuri dan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, dengan menghapus media sosialmu secara otomatis kamu juga menghapus keberadaan kamu di media sosial. Dengan begitu kamu akan jadi jauh lebih aman baik itu di dunia maya atau dunia nyata.

Bermain media sosial memang menyenangkan dan menguntungkan jika kamu menggunakannya dengan bijak. Tapi menghapus media sosial juga tidak akan membuat kamu kehilangan hidupmu. Kamu mungkin merasa kehilangan ribuan teman 'fiktif' tapi kamu masih memiliki keluarga, teman-teman dan pasangan yang bukan hanya nyata tapi juga benar-benar peduli padamu.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});