Wuih..Pakde Jokowi Bakal ke Ende! Etapi, Ngapain?
Foto: Istimewa

Wuih..Pakde Jokowi Bakal ke Ende! Etapi, Ngapain?

Selasa, 28 Mar 2017 | 20:20 | Zulkarnain Harahap

WinNetNew.com - Di Ende, Nusa Tenggara Timur, Presiden RI Joko Widodo telah terjadwal akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) untuk peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini. Bukan hanya itu, upacara peringatan itu menjadi titik peringatan secara nasional. Ini merupakan langkah diluar kebiasaan dari Presiden-presiden sebelumnya.

"Kehadiran beliau ke Ende sudah positif sekitar 70 persen lah, sisanya doa masyarakat kabupaten Ende. Ya jika Presiden berhalangan, paling tidak Wakil Presiden dipastikan akan menggantikan Presiden jadi Irup di Ende nanti," ungkap Wakil Bupati Ende H. Djafar Achmad melalui keterangan resmi yang diterima, Selasa (28/3/2017).

Djafar menceritakan, dalam upaya mengundang orang nomor satu di Indonesia tersebut hadir di Ende, Pemkab Ende besama Pemerintah Propinsi NTT telah bersurat ke Sekertaris Negara, dan secara nasional telah disetujui pusat peringatan Hari Lahir Pancasila akan dipusatkan di Kab. Ende.

Wabup Djafar Achmad mengatakan pihaknya akan terus mengawal keberadaan surat permohonan kehadiran Presiden yang telah diajukan tersebut. Seluruh Masyarakat Kab Ende sangat merindukan kehadiran Presiden RI ke tempat dimana Pancasila sebagai falsafah negara ini dikandung.

Menurutnya tahun ini juga pertama kalinya setelah ditetapkan oleh Presiden Jokowi, tanggal 1 Juni Hari Lahir Pancasila ini diperingati sebagai hari libur nasional. Kedatangan Presiden Jokowi nantinya, menurut Djafar, juga sekaligus melaunching Bulan Juni sebagai Bulan Soekarno.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...