Wujud Kapal 'Genset' Terbesar di Dunia

Wujud Kapal 'Genset' Terbesar di Dunia

Kamis, 31 Mar 2016 | 14:56 | Rusmanto
WinNetNews.com - Karadeniz Holding, produsen Kapal Pembangkit Listrik Terapung atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) asal Turki, akan mendatangkan 1 unit kapal genset terbesar di dunia ke Indonesia.

Kapal itu rencananya ditempatkan di wilayah Medan, Sumatera Utara. Kapal berkapasitas 470 Mega Watt (MW) tersebut masuk katagori Khan Class.

Kapal Khan Class ini memiliki panjang 300 meter dan lebar 50 meter.

"Itu kapal pembangkit listrik terbesar di dunia saat ini," kata Direktur Pengembangan Bisnis Karadeniz Holding, Zeynep Harezi, saat berkunjung ke Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Saat ini kapal jenis Khan Class dalam proses pembuatan di galangan kapal di Turki. Dari situs Karpowership, perusahaan energi asal Turki itu sedang membangun 2 unit kapal tipe Khan yakni Karadeniz Powership Osman Khan dan Karadeniz Powership Orhan Ali Khan.

image0

"Kapalnya masih dibuat di Turki," tambahnya.

Dari desain yang diterima, ukuran kapal jenis Khan Class sangat besar. Ukurannya hampir 3 kali lebih besar dari kapal genset Karadeniz Powership Zeynep Sultan berkapasitas 125 MW yang sudah tiba dan dioperasikan di lokasi PLTU Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara sejak 17 Januari 2016 lalu. Kapal ini masuk katagori Shark Class.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...