Xiaomi Umumkan Ponsel yang Gunakan Prosesor Buatan Sendiri <em>Surge S1</em>
Prosesor Xiaomi Surge S1 /foto: istimewa

Xiaomi Umumkan Ponsel yang Gunakan Prosesor Buatan Sendiri <em>Surge S1</em>

Selasa, 28 Feb 2017 | 19:47 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Bukannya tanpa alasan Xiaomi melewatkan ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona. Produsen China ini nyatanya punya event yang lebih penting, yakni ponsel pertama dengan prosesor bikinannya sendiri.

Kabar soal bakal diumumkannya prosesor bikinan Xiaomi sebenarnya sudah santer sejak awal bulan Februari ini. Produsen ini disebutkan akan mengumumkan kehadirannya pada akhir bulan. Kini tebakan tersebut terbukti.

Xiaomi mengumumkan prosesor pertamanya dengan sebutan Surge S1. Menariknya lagi, di kesempatan yang sama Xiaomi juga mengumumkan ponsel pertama yang menggunakan prosesor tersebut.

image0

Adalah Mi 5c ponsel yang dimaksud, yang artinya menjadi varian baru flagship Xiaomi. Nama Mi 5c sendiri sebenarnya sudah pernah muncul, bersamaan dengan menghangatnya isu kehadiran prosesor bikinan Xiaomi.

Kini spekulasi itu pun terbukti. Mi 5c menjadi ponsel pertama yang dibenamkan Surge S1, prosesor pertama Xiaomi. Prosesor ini mengusung teknologi quad core dan mendukung komputasi 64 bit. Kecepatan clock-nya juga terbilang tinggi, mencapai 2,2 GHz. Meski demikian konsumsi dayanya justru 40% lebih efisien.

Lebih lanjut, CEO Xiaomi Lei Jun juga mengklaim penggunaan prosesor Surge S1 memungkinkan panggilan telepon yang lebih jernih. Termasuk juga hasil foto yang lebih baik.

"Untuk Xiaomi, langkah ini merupakan langkah berikutnya penting dalam pengembangan kami. Dalam rangka untuk memenuhi janji kami untuk membuat inovasi tersedia untuk semua orang, kita perlu menguasai teknologi inti dari industri kami dan erat mengintegrasikan pengembangan hardware kami dengan perangkat lunak kami, membantu kami untuk membuat smartphone lebih baik yang secara konsisten akan mengejutkan industri dan memuaskan konsumen," jelas Lei, seperti kutip dari Tech Crunch, Selasa (28/2/2017).

Waktu yang cukup panjang dibutuhkan Xiaomi sebelum meluncurkan Surge S1. Perlu 28 bulan sejak Oktober 2014 sampai prosesor pertama besutannya resmi diumumkan ke publik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...