XL Axiata Ajak Mahasiswa Temukan Solusi Problem Daerah Melalui Kompetisi Digital

XL Axiata Ajak Mahasiswa Temukan Solusi Problem Daerah Melalui Kompetisi Digital

Selasa, 3 Mei 2016 | 19:20 | contributor-one
WinNetNews.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional kemarin, PT XL Axiata Tbk (EXCL), operator seluler dengan 42 juta pelanggan kembali meluncurkan Kompetisi Smart Digitalizing Digitizing Your City bagi mahasiswa Indonesia.

Melalui kompetisi tersebut, perseroan berharap bisa mendorong munculnya talenta-talenta dunia digital masa depan yang mumpuni, sekaligus memiliki visi ke depan dalam membanggun masyarakat digital Indonesia.

" Kami juga menyediakan total hadiah puluhan juta rupiah bagi para pemenang, selain juga akan membuka kesempatan bagi karya-karya terbaik untuk diakomodir dalam program XL Smart City,"kata Eka Bramantya Danuwirana ,Chief of Corporate Affairs Officer XL, di Jakarta, Senin (02/05).

Menurut Eka, melalui kompetisi ini, pihaknya ingin menunjukkan kepada publik betapa besar potensi dari anak-anak muda Indonesia yang bisa memberikan kontribusi bagi pemecahan persoalan yang dihadapi oleh pemerintah daerah dalam mengelola pelayanan publik sekaligus penerapan tata kelola pemerintahan yang baik.

" Nantinya, hasil karya para peserta, setelah melalui seleksi, akan XL akomodir dalam program Digital Service XL. Jadi, dalam hal ini XL tidak hanya mendorong dan memotivasi agar mereka mampu menunjukkan potensinya, namun juga membuka kesempatan untuk memberdayakan karya-karya mereka,"ujarnya.

Untuk diketahui, program Smart City yang sudah dijalankan XL dalam dua tahun terakhir memang antara lain menyediakan solusi-solusi digital yang inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan di kota yang membutuhkannya.

Ada tiga kategori untuk temuan solusi digital yang kompetisikan. Pertama, e-Public Services, menyediakan solusi digital untuk keperluan layanan publik. Kedua, e-Governance; solusi digital untuk membantu efektifitas birokrasi. Ketiga, e-Financial, solusi digital untuk membantu pengelolaan keuangan.

Sosialisasi kompetisi ini secara informal sudah mulai dilakukan sejak 28 Maret 2016, bersamaan dengan agenda sosialisasi program XL Future Leaders ke berbagai kampus di sejumlah kota. Pendaftaran peserta bisa dilakukan hingga 30 Juni 2016 mendatang.

Seleksi akan dilakukan secara bertahap, mulai dari seleksi yang bersifat administratif, pengujian atas ide karya, hingga pewujudan dari ide menjadi suatu solusi yang siap dioperasikan. Penjurian akan dilakukan oleh 5 pakar di bidang sarana digital dan Smart City, dengan latar belakang akademisi, pemimpin perusahaan teknologi digital, regulator, serta internal XL.

" Kami ingin menyiapkan generasi muda yang bukan saja mahir memanfaatkan teknologi digital, namun juga mampu menjadi pemimpin di era digital. Untuk XL menjalankan program XL Future Leaders yang tahun ini sudah memasuki tahun ke-5, dan diikuti oleh para mahasiswa aktif,"kata Eka.

Sementara itu, untuk program Smart City, XL sudah menerapkannya di sejumlah daerah, antara lain di Mataram Lombok, Yogyakarta, dan Balikpapan. Di Mataram, XL membantu memfasilitasi pemerintah daerah dalam menyediakan sistem reservasi pemakaman umum dan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Sementara untuk di Yogyakarta, XL membantu pemerintah daerah dalam membangun sistem untuk sosialisasi program kota anak. Di Balikpapan XL membantu penyediaan sistem reservasi rumah sakit dan pembayaran kir kendaraan. Program Smart City akan terus dilanjutkan dan diperluas ke kota-kota lainnya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...