Skip to main content

XL Axiata Mulai Pasang Mobile BTS di Jalur Tol Fungsional

ilustrasi
ilustrasi

WinNetNews.com - Dengan dibukanya sejumlah ruas tol fungsional, diperkirakan akan terjadi kepadatan trafik telekomunikasi. Untuk mengantisipasinya, operator seluler seperti XL Axiata (XL) mengerahkan mobile BTS di tol fungsional yang dilalui oleh pemudik.

Persiapan yang sudah dilakukan XL antara lain berupa pemasangan mobile BTS (MBTS), yang hampir semuanya merupakan MBTS yang mendukung jaringan 4G, di sejumlah lokasi.

Tim teknis XL juga telah melakukan uji coba di semua ruas tol baru yang ada di sejumlah ruas di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta di ruas tol baru di Medan, Kuala Namu.

I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL mengatakan, dengan mempertimbangkan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan, maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan tol baru tersebut.

Namun karena diprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut, artinya akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data.

"Karena itu, kami pun menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat seperti MBTS, selain juga memperkuat jangkauan (coverage) dari BTS-BTS yang ada di jalan tol baru. Total lebih dari 30 unit MBTS yang kami kerahkan secara khusus dalam rangka antisipasi kebutuhan selama Lebaran ini," ujar Gede dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/6/2017).

Disebutkannya, tim teknis XL sudah menempatkan sebagian dari MBTS tersebut di tol baru dan melakukan uji jaringan, termasuk yang ada di Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Dari uji jaringan tersebut bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan, antara lain di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan.

Misalnya, ada di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen. Selain itu, XL juga menindaklanjuti laporan dari pelanggan dan masyarakat, termasuk juga hasil pantauan media, mengenai lokasi-lokasi yang dipandang memerlukan penguatan sinyal.

Antisipasi jaringan yang dilakukan XL merupakan sebuah aktivitas rutin untuk mempersiapkan jaringannya guna melayani pelanggannya saat melakukan mudik. Selain itu, pada momen tersebut akan terjadi lonjakan trafik telekomunikasi sehingga operator perlu optimalisasi jaringan di area yang diperkiraan mengalami kepadatan.

Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa.

Dengan penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS tersebut optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.

Secara khusus, XL Axiata juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top