Yamaha : Ikut WSBK Andalkan YZF-R1

Yamaha :  Ikut WSBK Andalkan YZF-R1

 Tokyo - Dalam keikutsertaaanya, pabrikan berlogo garputala tersebut mempersiapkan YZF-R1 sebagai gacoannya.Yamaha resmi mengonfirmasi keikutsertaannya di ajang World Superbike (WSBK) pada musim balap 2016.  

Sebelumnya, Yamaha sempat ikut serta di ajang WSBK. Namun demikian, pabrikan memutuskan untuk mundur pada 2011. Yamaha ingin mengulang kenangan manis dimana pernah menjuarai WSBK musim 2009 saat masih dibela pembalap yang juga pernah berlaga di MotoGP, Ben Spies.

Dilansir Worldsbk, Senin (28/9/2015), dalam comeback-nya, pabrikan berlambang garpu tala menunjuk juara World Superbike 2014, Sylvain Guintoli dan juara British Superbike 2013 Alex Lowes sebagai pembalap utama. Kedua pembalap kawakan ini akan membela tim Crescent Racing yang disponsori oleh PATA.

"Kami mengambil satu tahun untuk mengembangkan R1 baru di banyak kejuaraan lain dimana sepeda motor ini telah menunjukkan potensinya seperti kemenangan di Suzuka 8 Hours," komentar Chief Operating Officer Yamaha Motor Eropa, Eric De Seynes.

Crescent Racing sendiri telah memiliki sejarah balap 20 tahun baik di tingkat nasional dan global serta telah meraih kemenangan di British Superbike Championship, World Superbike dan MotoGP. Lebih lanjut, De Seynes juga optimistis dalam debutnya di WSBK berbekal semangat profesionalisme dan kemenangan.

"Ini adalah saat yang sangat menarik bagi kami karena kami menantikan kembalinya kasta tertinggi kompetisi Superbike tahun depan setelah absen empat tahun," tutupnya.