Yang Dilakukan Pemda DKI Hadapi Cuaca Ekstrem Januari
Pelaksana Tugas Gubernur DKI Soni Sumarsono

Yang Dilakukan Pemda DKI Hadapi Cuaca Ekstrem Januari

Selasa, 6 Des 2016 | 08:51 | Rusmanto

WinNetNews.com - Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengemukakan, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi banjir terkait prakiraan cuaca ekstrem yang akan terjadi pada Januari hingga Februari 2017 mendatang.

Langkah itu di antaranya mengintensifkan pembersihan drainase. "Gubernur sebelumnya sudah menggiatkan ini, kami tinggal dorong sedikit," ujar Soni, sapaan Sumarsono, dalam perbincangan dengan tvOne, Selasa, 6 Desember 2016.

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan semua rumah pompa berfungsi baik dan pintu air terjaga. Pihaknya juga melakukan identifikasi pohon-pohon yang sudah lapuk untuk dipotong. Sebab dikhawatirkan roboh jika terjadi angin kencang. "Kemungkinan bahaya penyakit yang timbul juga diantisipasi," ujar Soni.

Sementara itu, Ketua Walhi Jakarta Mustaqim Dahlan mengemukakan, ketika akan mengantisipasi banjir, terutama dari hulu, sejumlah 13 sungai yang melintasi Jakarta mesti dikembalikan fungsinya. "Revitalisasi sungai. Ketika ada sedimentasi di muara sungai harus dikeruk, yang ada sekarang Teluk Jakarta diuruk," ujarnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...