Yasonna Laoly Himbau Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK

Amalia Purnama Sari

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Yasonna Laoly Himbau Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK
Yasonna Laoly (foto: Prosumut)

Winnetnews.com - Anggota DPR Yasonna Laoly meminta UU KPK hasil revisi dijalankan terlebih dahulu daripada menunda dan berprasangka buruk.

Hal ini disampaikan Yasonna mengingat rencana yang santer dilontarkan oleh pemerintah terkait digagasnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK. Rapat paripurna DPR sendiri sudah memutuskan untuk mengesahkan UU KPK yang disahkan pada 17 September silam.

“Jalani dulu lah. Lihat bagaimana prakteknya nanti. Kalau tidak sempurna kan bisa buat legislative review. Belum dijalankan kok sudah suudzon. Kan enggak begitu caranya,” ungkap Yasonna, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (02/10).

Yasonna juga meminta semua pihak untuk tidak menekan Jokowi. Ia menuntut masyarakat agar bersikap konsisten terhadap aturan yang telah disepakati sebelumnya.

“Marilah kita ini jadi bangsa yang konsisten menjalankan konstitusi. Jangan suka menekan pemerintah. Sudah lah. Kita atur secara konstitusional saja,” kata Yasonna.

Ia  menghimbau Jokowi agar tak menerbitkan Perppu KPK ini. Namun bukan serta-merta Jokowi tidak boleh menerbitkan Perppu karena kewenangan sepenuhnya milik presiden.

“Yah sebaiknya jangan. Namun kan kewenangan ada di tangan presiden,” pungkasnya.

Mantan Menteri Hukum dan HAM tersebut sebelumnya ikut membahas RUU KPK bersama DPR. Yasonna berdalih bahwa pengesahan UU KPK semata-mata untuk memperbaiki tubuh KPK.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...