Yellen Memicu Dolar AS Menjadi Makin Kuat

Yellen Memicu Dolar AS Menjadi Makin Kuat

Dolar AS menguat, sedangkan harga kontrak federal fund futures melemah setelah gubernur Bank Sentral AS, Janet Yellen menyatakan bank itu berpeluang menaikkan tingkat bunga pada akhir tahun ini.

Nilai euro segera melemah sekitar 0,5% ke US$1,1174 dari sekitar US$1,1230. Sedangkan terhadap nilai tukar yen Jepang, dolar AS naik ke angka 120,27 dari kisaran 120 yen sebelum pidato Yellen sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (25/9/2015).

Harga kontrak federal fund futures selama Januari turun hingga 99,735 seiring dengan besarnya peluang penaikan tingkat bunga pada akhir tahun ini.

Yellen sebelumnya memperkirakan akan ada penaikan tingkat bunga pada akhir tahun ini asalkan inflasi stabil dan dan ekonomi cukup kuat untuk mendorong peningkatan lapangan kerja.

Yellen, yang berbicara sepekan setelah menunda penaikan tingkat bunga, menyatakan dirinya dan para pejabat lainnya memperkirakan perkembangan pasar keuangan dan ekonomi global tidak akan berpengaruh signifikan pada kebijakan bank sentral itu.

Pernyataan yang menunjukkan bahwa pelemahan inflasi akhir-akhir ini hanya bersifat sementara, akan membuat kaget para investor kaget. Mereka menilai keputusan pekan lalu sebagi isyarat bahwa pengetatan kebijakan tidak penting lagi dan akan dilakukan pada tahun depan.