(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yoga Saat Hamil Juga Bisa Dirasakan Ibu Saat Melahirkan

Yudha Raditya
Yudha Raditya

Yoga Saat Hamil Juga Bisa Dirasakan Ibu Saat Melahirkan
WinNetNews.com - Otot kaku, perasaan grogi dan tegang serta tubuh yang terasa kaku sampai pegal lumrah dialami ibu hami. Umumnyam, yoga bisa membantu mengatasi kondisi itu. Namun, tahukah Bunda jika yoga tak hanya bermanfaat bagi kondisi ibu saat hamil saja, tapi juga ketika nanti melahirkan.

"Yoga kan sangat memperhatikan pernapasan, jadi akan sangat membantu untuk melatih pernapasan ibu hamil. Kan ada beberapa kondisi yang menyebabkan napasnya ibu hamil menjadi tertekan, dengan yoga sang ibu dapat bernapas dengan baik," kata instruktur yoga dan pilates Lisa Namuri.

Ditemui detikHealth dalam rangkaian acara AIMI BBF 2015, di Bintaro Jaya Xchange, Banten, Sabtu (19/12/2015), Lisa menambahkan dengan melakukan yoga, ibu hamil bisa lebih paham dengan kondisi tubuhnya sendiri. Sehingga, saat proses persalinan nanti, ibu menjadi tidak panik dan mampu mengendalikan emosinya.

Gerakan yoga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, lanjut Lisa, adalah gerakan yang nyaman dirasa oleh sang ibu dan sesuai dengan kondisi tubuhnya.

"Apabila ibunya sudah biasa melakukan yoga sebelum hamil mungkin bisa mengikuti kelas yoga seperti biasanya. Kalau ibunya belum pernah sama sekali disarankan konsultasi ke dokter atau intruktur untuk melakukan gerakan yoga yang sesuai," tambah Lisa.

Sejak lebih dari 5.000 tahun yang lalu, yoga telah diketahui sebagai salah satu alternatif pengobatan melalui pernapasan. Saat ini, yoga mulai berkembang di Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung

Yoga merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan serta tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk melakukan itu. Terlebih, kegiatan yoga merupakan gerakan yang relatif aman dilakukan oleh ibu hamil. Tapi, amat disarankan untuk melakukan beragam jenis olahraga dan aktivitas, ibu hamil sudah lebih dulu berkonsultasi dengan dokter.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});